JOB Tomori pertahankan Proper Emas untuk kedua kalinya

id JOB Tomori, proper emas, klhk, Sulawesi

JOB Tomori  pertahankan Proper Emas untuk kedua kalinya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sulawesi Tengah, Sadly Lesnusa (kanan) menyerahkan sertifikat Proper Emas kepada Senior Manager QHSE JOB Tomori, Juli Rusjanto (kiri). ANTARA/HO/JOB Tomori

Palu (ANTARA) -
Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KLHK) RI untuk kedua kalinya pada 2021 memberikan penghargaan kepada JOB Pertamina Medco E&P Tomori Sulawesi dengan kategori Proper Emas karena dinilai telah berkontribusi dan menuai prestasi pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan.
 
Sertifikat penghargaan ini diserahkan di Palu oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah M Sadly Lesnusa kepada kepada Management JOB Tomori yang dihadiri oleh Senior Manager QHSE Juli Rusjanto di Palu, Rabu (15/6/2022).
 
Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan RI menggelar ajang tersebut, sebagai upaya pemerintah mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui publikasi kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup. 
Penghargaan ini memperlihatkan JOB Tomori yang berhasil mempertahankan kategori Emas kedua kalinya pada 2021 untuk perusahaan di wilayah Sulawesi.
 
“Kami mengapresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang turut berpartisipasi dalam perbaikan lingkungan di wilayah Sulteng, khususnya penerima proper Emas. Hal ini bertujuan supaya generasi mendatang mendapatkan lingkungan yang baik dan partisipasi perusahaan tersebut dapat membangun provinsi ini maju dan sejahtera.” kata Sadly.
 
Menurut dia, ini merupakan bukti komitmen perusahaan dalam pembangunan berkelanjutan yaitu di bidang ekonomi, sosial dan perlindungan lingkungan yang berprinsip, memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi masa depan.
 
Sebelumnya, JOB Tomori telah berhasil meraih satu proper emas dan tiga kali proper hijau dengan melewati kriteria penilaian proper biru. Dari penilaian tersebut, perusahaan telah memperoleh citra/reputasi sesuai pengelolaan lingkungan.
 
Mempertahankan penghargaan tertinggi, merupakan prestasi JOB Tomori yang membanggakan, serta menjadi yang pertama bagi KKKS di wilayah Kalimantan dan Sulawesi. 
 
Langkah-langkah strategis juga dijalankan perusahaan mulai dari efektifitas, mempertahankan hasil produksi, hingga tetap menjunjung tinggi 'operational excellence' dengan membangun lingkungan kerja tangguh COVID-19. 
 
"Capaian ini merupakan bukti kinerja JOB Tomori melalui karyawan-karyawan yang melakukan inovasi dan berjalan sesuai dengan target," ujar Juli Rusjanto, Senior Manager QHSE JOB Tomori.
 
Dalam capaian tahun ini, JOB Tomori memfokuskan program eco-inovasi yakni penanaman mangrove hidroponik, penurunan emisi melalui program optimalisasi acid gas removal unit.

idak hanya itu, program inovasi agroekologi dengan program unggulan KONSER SEKSI (Konservasi Serak Sulawesi), Mesin Pinggul (Mesin Penyiang Gulma), TAMENG SIRKUS (Tanaman Mengkudu Pengusir Tikus) ikut bersama mambantu JOB Tomori mempertahankan PROPER Emas.
 
Juli mengucapkan terimakasih kepada seluruh pemangku kepentingan di daerah operasi JOB Tomori yakni Sulawesi Tengah yang telah bersama membantu dalam meraih penghargaan tertinggi dari KLHK yakni proper emas. 
 
Tugas selanjutnya adalah mempertahankan dan menjadi lebih baik dengan kemandirian program-program unggulan di tahun 2022 dengan dukungan dan peran dari pemangku kepentingan.