Pemkab Parigi sebut 15 provinsi siap hadiri Harkanas 2022

id Bupatiparimo, Samsurizal Tombolotutu, pemkabparimo, Sulteng, Harkanas, hari ikan

Pemkab Parigi  sebut 15 provinsi siap hadiri Harkanas 2022

Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu memimpin rapat persiapan Hari Ikan Nasional (Harkanas) 2022 yang dipusatkan di kabupaten tersebut sebagai agenda tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jumat (28/10/2022). ANTARA/HO-Kominfo Parigi Moutong

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, mengatakan sebanyak 15 provinsi sudah menyatakan kesiapannya menghadiri agenda Hari Ikan Nasional (Harkanas) di kabupaten itu pada 19-21 November 2022.

"Data sementara Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) sudah 15 provinsi mengonfirmasi siap hadir. Tidak menutup kemungkinan jumlah ini terus bertambah," kata Bupati Parigi Moutong Samsurizal Tombolotutu saat memimpin rapat persiapan Harkanas di Tinombo, Parigi Moutong, Jumat.

Ia optimistis banyak daerah akan menghadiri agenda tahunan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipusatkan di Parigi Moutong.

Oleh karena itu, ia meminta panitia penyelenggara segera mematangkan persiapan, mulai dari arena kegiatan, perlengkapan lainnya dalam pendukung acara tersebut, serta terus membangun komunikasi dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan KKP.

"Kita sebagai tuan rumah harus mengemas kegiatan ini dengan baik dan memanjakan tamu yang datang. Panitia perlu berkolaborasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya guna kelancaran dan kesuksesan kegiatan," ujar Samsurizal.

Ia juga meminta panitia, persiapan paling tidak pada 15 November sudah final, supaya waktu tiga hari tersisa dapat diefektifkan untuk mengurus akomodasi penjemputan tamu dari luar daerah.

Pemkab Parigi Moutong menyiapkan dua lokasi yakni Pantai Mosing di Desa Siney, Kecamatan Tinombo selatan sebagai pusat venue, dan Kecamatan Parigi sebagai venue pendukung.

"Di Kecamatan Parigi digelar berbagai rangkaian kegiatan di antaranya parade perahu, bulan cinta laut, lomba cipta menu tingkat nasional dan sebagainya. Di venue utama dilaksanakan lokakarya tentang perikanan, pameran hasil olahan perikanan, termasuk pasar rakyat guna meningkatkan perekonomian warga setempat," papar Samsurizal.

Ia berharap, masing-masing OPD berkomitmen menyukseskan kegiatan ini, dengan saling memberikan dukungan supaya persiapan acara benar-benar matang.

"Daerah ini kaya akan sumber daya kelautannya yang berada di kawasan Teluk Tomini," kata Samsurizal.