Pemkab Bangkep gandeng Wagros optimalkan pengelolaan perikanan

id Pemkab Bangkep,Bupati Bangkep,Ihsan Basir,Kelautan dan perikanan bangkep,Pariwisata bangkep

Pemkab Bangkep gandeng Wagros optimalkan pengelolaan perikanan

Bupati Bangkep Ihsan Basir meninjau produksi rumput laut yang dikelola oleh para nelayan di kabupaten tersebut. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, menggandeng PT Wagros Digital Indonesia untuk mengoptimalkan pengelolaan dan pengembangan sektor kelautan dan perikanan, sebagai upaya percepatan meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Pengembangan sektor kelautan dan perikanan adalah prioritas yang diharapkan berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi masyarakat," kata Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, dihubungi dari Palu, Sabtu.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir dan jajarannya telah bertemu dengan pihak PT Wagros Digital Indonesia di Bandung, Jawa Barat, pada  Kamis (19/1). Dalam pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bandung. 

Dalam pertemuan itu, sebut dia, disepakati bahwa pengembangan sektor perikanan diawali dengan meningkatkan kapasitas nelayan, yang didukung dengan sarana memadai. 

Di samping itu, ujar dia, para nelayan juga akan dibina untuk membuka usaha perikanan dalam bentuk UMKM, sehingga nelayan lebih menerima manfaat dari hasil tangkap.

"Pembangunan UMKM nelayan juga akan melibatkan Pemkab Bandung terkait dengan pengelolaan ikan," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, PT Wagros bersama Pemkab Bangkep secara bersama melakukan pembinaan untuk peningkatan paradigma masyarakat, sekaitan dengan pengelolaan sektor wisata berbasis kelautan. 

"Jadi sumber daya manusianya harus disiapkan terlebih dahulu, sambil melakukan intervensi pengembangan sektor wisata," sebutnya.

Pengembangan pariwisata berbasis kelautan, ujar dia, merupakan salah satu sektor unggulan yang dikembangkan oleh Pemkab Bangkep untuk menopang pencapaian target pendapatan daerah.

"Iya, sektor unggulan ini diprioritaskan untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat dan daerah," kata Ihsan Basir.

Ihsan mengatakan bahwa sebahagian besar masyarakat Kabupaten Banggai Kepulauan bergantung hidup pada sektor pertanian dan kelautan. Hal ini sesuai dengan potensi yang tersedia di daerah itu yakni kelautan, perikanan dan pertanian.