Gempa magnitudo 4,9 guncang Luwuk Sulawesi Tengah

id Gempa Luwuk, Banggai, teluk Tomini, BMKG, Sujabar, Sulteng

Gempa magnitudo 4,9 guncang Luwuk Sulawesi Tengah

Peta gempa yang terjadi di Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah sekitar Pukul 21:24 WITA pada Jumat, (3/3/2023). ANTARA/HO/BMKG

Palu (ANTARA) -
Gempa bermagnitudo 4,9 mengguncang wilayah Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis malam sekitar Pukul 21:24 WITA.


 


Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, episentrum gempa terletak pada koordinat 0.42 LS - 123.01 BT, atau tepatnya berlokasi di Teluk Tomini, 64 kilometer arah utara Luwuk pada kedalaman 52 kilometer.


 


"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi merupakan gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat," ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Palu, Sujabara di Palu.


 


Gempa dirasakan II-III MMI di Banggai Kepulauan (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu), dan dari hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa tidak berpotensi tsunami.


 


"Hingga Pukul 21:37 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock)," ucapnya.


 


Dari laporan di terima pihaknya, tidak ada kerusakan bangunan dan infrastruktur lainnya akibat dampak gempa ini.


 


Ia juga mengimbau, agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, dan sebisa mungkin menghindari bangunan yang retak atau rusak. 


 


Masyarakat juga perlu memeriksa dan memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan terhadap getaran gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.


 


"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (https://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram cancel," demikian Sujabar.