Musisi dinilai turut berjasa lestarikan budaya daerah

id Hari musik nasional, musisi Minangkabau, peran musisi

Musisi dinilai turut berjasa lestarikan budaya daerah

Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Supardi. (ANTARA/Muhammad Zulfikar).

Padang (ANTARA) - Ketua DPRD Sumatera Barat (Sumbar) Supardi mengatakan para musisi di Tanah Air khususnya dari Ranah Minang turut berjasa dalam upaya melestarikan budaya daerah masyarakat setempat.

"Termasuk para musisi-musisi Minang yang telah banyak berjasa dalam melestarikan budaya Minangkabau," kata Ketua DPRD Sumbar Supardi di Padang, Rabu.

Hal tersebut disampaikannya dalam rangka memperingati Hari Musik Nasional tahun 2023 yang turut diperingati di Kota Payakumbuh, Sumbar.

Supardi mengatakan upaya pelestarian budaya yang dilakukan para musisi di daerah ialah melalui lagu-lagu Minang yang saat ini sudah dikenal di seluruh negeri bahkan hingga mancanegara.   

"Para musisi adalah pahlawan yang berkontribusi besar terhadap perkembangan lagu-lagu di daerah," ujarnya.

Sebagai kota wisata, ujarnya, pemerintah dan pemangku kepentingan perlu menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke Sumbar. Salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan termasuk lomba penyanyi Minangkabau.

Supardi mengatakan lomba penyanyi Minang yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan Sumbar dalam rangka Hari Musik Nasional tersebut potensial untuk menjaring penyanyi berbakat.

"Kegiatan ini sangat baik. Diharapkan akan banyak lagi musisi dari Ranah Minang yang mengharumkan Sumatera Barat dan nama Indonesia," harap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar Syaifullah menyambut baik dukungan DPRD Sumbar dalam menyikapi peran serta para musisi di daerah itu yang ikut berkontribusi terhadap pelestarian nilai dan budaya masyarakat Minangkabau.

"Selain sebagai ajang pencarian bakat, kegiatan lomba penyanyi Minang juga bertujuan menjadikan masyarakat Sumbar semakin cinta terhadap budayanya sendiri," kata dia.