Majelis Al-quran Riau salurkan 280 Mushaf pada rumah tahfiz

id Maqari

Majelis Al-quran Riau salurkan 280 Mushaf pada rumah tahfiz

Wakil Direktur Majelis Al-Qur'an Riau (Maqari) Muhammad Fakhri saaqt menyerahkan Alquran kepada sejumlah lembaga pelatihan dan pesantren secara simbolis di Pekanbaru baru baru ini. ANTARA/HO-Humas Maqari.

Pekanbaru (ANTARA) - Majelis Alquran Riau (Maqari) menyalurkan sebanyak 280 buah Mushaf (Al-quran) kepada lembaga pelatihan, ormas Islam, pesantren dan rumah tahfiz agar budaya baca, hafal dan memahami kitab suci membumi di daerah tersebut.

Al-quran yang diterbitkan oleh Maqari itu diharapkan bisa diamalkan dan didakwahkan di Bumi Lancang Kuning dan pahalanya senantiasa mengalir kepada yang berwaqaf," kata Wakil Direktur Majelis Al-quran Riau (Maqari) Muhammad Fakhri dalam keterangannya di Pekanbaru, Minggu.

Fakhri menyebutkan, penyaluran Al-quran di beberapa pondok pesantren di Riau dilakukan bersama Ketua Umum Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Riau H. Ahmad Syah Harrofie, Ketua BWI Riau Abd Rasyid dan Ketua Silaturrahmi Qurra' Riau Maghfirah.

Ia menyebutkan, bahwa Al-quran terbitan Maqari ini adalah waqaf dari ASN Pemda Riau dan dalam minggu pertama dan kedua Januari 2024, dan bersama tim telah menyalurkan bantuan kitab suci umat Islam itu di 4 kabupaten/kota.

"Penyaluran pertama ke Kabupaten Pelalawan pada Kamis (4/1) adalah sebanyak 240 untuk LPTQ, ormas Islam,dan rumah tahfiz, serta 40 untuk pesantren Hidayatul Ma'rifiyan dan Al-Muslimun," katanya.

Bantuan tersebut diterima oleh sekretaris LPTQ Pelalawan dan pimpinan pesantren penerima bantuan. Penyaluran kedua yakni ke Kabupaten Kampar pada Senin (8/1) sebanyak 240 buah untuk LPTQ, ormas Islam,dan rumah tahfizh serta 120 buah untuk 6 pesantren. Bantuan diterima langsung oleh Pj Bupati Kampar.

Ketiga, di Kota Dumai pada Kamis (11/1) sebanyak 200 buah untuk LPTQ, ormas Islam, dan rumah tahfizh, serta 120 eks untuk enam pesantren. Bantuan diterima oleh Wali Kota dan Sekda Dumai.

Keempat, untuk Kabupaten Bengkalis di Duri sebanyak 200 eks untuk LPTQ, ormas Islam,, dan rumah tahfiz, serta 120 buah untuk enam pesantren. Bantuan diterima langsung oleh LPTQ Bengkalis dan pesantren penerima bantuan.

"Insyaallah penyaluran Al-qur'n ini akan dilanjutkan ke 8 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Riau," katanya.