Satpol-PP Kota Palu tingkatkan kegiatan patroli jaga ketertiban bulan puasa

id Nathan Pasongan, Satpol-PP, Pemkotpalu, ketertiban umum, bulan puasa, bulan ramadhan, kota Palu, Sulteng

Satpol-PP Kota Palu tingkatkan kegiatan patroli jaga ketertiban bulan puasa

Dok- Kasatpol-PP Kota Palu Nathan Pasongan memberikan keterangan terkait kegiatan menjaga ketentraman dan ketertiban umum dilingkungan Kota Palu. ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Kota Palu terus meningkatkan kegiatan patroli guna menjaga ketentraman dan ketertiban umum di ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah selama pelaksanaan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1445 hijriah tahun 2024.


 


"Menjaga ketentraman dan ketertiban umum merupakan tugas rutin kami, di momen Ramadhan ini kegiatan itu lebih ditingkatkan supaya pelaksanaan ibadah puasa oleh umat Islam berjalan dengan hikmat," kata Kasatpol-PP Kota Palu Nathan Pasongan di Palu, Rabu.


 


Ia menjelaskan kegiatan patroli dan penertiban dilakukan pihaknya menyasar seluruh wilayah kota, termasuk menertibkan pedagang kali lima yang berjualan di bahu jalan dan tempat-tempat dilarang pemerintah.


 


Pada kegiatan itu pihaknya juga dibantu camat dan lurah di wilayah masing-masing dengan harapan situasi ketertiban umum tetap terjaga.


 


"Untuk tempat hiburan malam tetap menjadi pengawasan kami. Pemerintah memberikan dispensasi aktivitas tempat hiburan malam dari pukul 21:00 atau selesai shalat tarawih sampai pukul 24:00 Wita," ujarnya.


 


Diharapkan pelaku usaha tempat hiburan malam mematuhi aturan dan menghargai kegiatan keagamaan umat Islam.


 


"Kegiatan patroli juga ditunjang dengan personel yang memadai, selain itu kami memiliki tim reaksi cepat patroli motor (patmor). Kegiatan patmor menjangkau wilayah-wilayah yang sulit diakses kendaraan roda empat, dengan begitu kegiatan patroli lebih efektif," tutur Nathan.


 


Ia mengimbau masyarakat agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban, terlebih di bulan puasa sikap toleransi dan saling mengayomi harus ditingkatkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.


 


Dengan sikap seperti itu diyakini ketentraman dan ketertiban umum semakin lebih baik dan situasi di tengah masyarakat terjalin lebih harmonis.


 


"Kalau situasi aman tentu aktivitas masyarakat tidak terganggu, begitu pun sebaliknya. Jadikan momentum ini untuk saling menjaga dan menghargai satu sama lain guna membantu pemerintah dalam meningkatkan kemajuan pembangunan berkelanjutan, karena apa yang dilakukan pemerintah saat ini manfaatnya untuk masyarakat," kata dia.