Baznas dan KUA serahkan bantuan kepada korban banjir di Sigi

id Baznas Sigi ,KUA Gumbasa,Bantuan ,Banjir Sigi,Sulawesi Tengah

Baznas dan KUA serahkan bantuan kepada korban banjir di Sigi

Ketua Baznas Sigi Hadi Wijaya menyerahkan bantuan kepada imam masjid Nurul Yaqin di Sigi, Sulteng, Minggu (31/3/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Baznas Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sigi dan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Gumbasa di Sulawesi Tengah (Sulteng)menyerahkan bantuan kepada korban banjir di Dusun Dua Makombo, Desa Kalawara, kecamatan setempat. 
 


Ketua Baznas Sigi Hadi Wijaya di Sigi, Minggu, mengatakan bantuan yang diberikan merupakan hal yang wajib bagi masyarakat penerima manfaat, khususnya warga yang terdampak musibah yang harus direspon cepat.

 

"Karena ini menjadi tugas kami dan Baznas harus hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Hadi.

 

Penyerahan bantuan tersebut berupa beras yang diberikan langsung Ketua Baznas Sigi kepada imam masjid Nurul Yaqin bersama warga, dilanjutkan oleh Kepala KUA Kecamatan Gumbasa juga menyerahkan bantuan tersebut.

 

Bantuan yang diberikan, kata dia, tidak lain berasal dari para muzaki yang telah mempercayakan Baznas sebagai lembaga resmi yang dibentuk oleh negara.

 

"Dalam hal ini juga pemerintah daerah telah memberikan perhatian pada Baznas dengan menyelaraskan program-program yang dilaksanakan," ujarnya.

 

Sementara itu Kepala KUA Gumbasa Zet Bachmid mengapresiasi Baznas Sigi yang telah peduli serta membantu masyarakat yang terdampak banjir di Desa Kalawara.

 

"Saya baru menyampaikan kemarin malam saat ingin Shalat Tarawih di Mesjid Alkhairat Palu dan penyampaian itu langsung kepada Ketua Baznas Sigi bahwa ada warga yang terdampak bencana di Desa Kalawara," ujarnya.

 

Karena itu, menurut dia, respon cepat yang dilakukan oleh Baznas Sigi terhadap peristiwa banjir tersebut cukup baik

 

Sebagai lembaga negara yang mengelola Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS), Baznas memiliki tujuan untuk membantu ekonomi masyarakat, selain membantu persoalan kebencanaan.

 

"Semoga ini menjadi berkah di bulan Ramadhan dan masyarakat bisa merasakan bantuan yang diberikan oleh Baznas Sigi dan KUA Gumbasa," ujarnya