11 anggota Polres Pegunungan Bintang terima penghargaan Kapolri

id polres pegunungan bintang, operasi damai cartenz, pin emas kapolri, penghargaan, mabes polri

11 anggota Polres Pegunungan Bintang terima penghargaan Kapolri

Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol Verdianto I. Bitticaca menyerahkan penghargaan Kapolri kepada belasan personel Polres Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan di Mako Polres Pegunungan Bintang, Selasa (7/5/2024). (ANTARA/HO-Divisi Humas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 11 polisi yang bertugas di Polres Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, menerima penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo atas dedikasi melaksanakan tugas di daerah dengan tantangan berat.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM Kapolri) Irjen Pol Dedi Prasetyo, di Jakarta, Rabu, menjelaskan penghargaan yang diberikan Kapolri itu berupa Pin Emas Kapolri, promosi sekolah kedinasan hingga kenaikan pangkat luar biasa (KPLB).

“Upacara pemberian penghargaan Kapolri telah dilaksanakan pada Selasa (7/5) kemarin di Lapangan Apel Mako Polres Pegunungan Bintang, Polda Papua,” kata Dedi.

Penghargaan Kapolri tersebut diserahkan oleh Asisten Kapolri Bidang Operasi (Asops) Irjen Pol. Verdianto I. Bitticaca.

Mantan Kadiv Humas Polri itu menjelaskan, terdapat lima personel yang menerima KPLB, satu personel yang menerima promosi pendidikan sekolah pimpinan menengah (Sespimen) Tahun Anggaran 2025, dua personel menerima penghargaan promosi SIP Tahun Anggaran 2025, dan tiga personel menerima penghargaan Pin Emas Kapolri.

Para penerima penghargaan ini, kata dia, merupakan anggota polisi orang asli Papua (OAP) yang ikut bertugas dalam Operasi Damai Cartenz.

Operasi Damai Cartens rutin dilaksanakan setiap tahun untuk melindungi masyarakat dari gangguan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Ada sembilan daerah Operasi Damai Cartenz 2024, meliputi tiga provinsi, yakni Provinsi Papua, Papua Pegunungan dan Papua Tengah. Terdiri atas Kabupaten Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jayawijaya, dan Kota Jayapura.

Operasi ini mengedepankan fungsi pembinaan masyarakat, deteksi dan hubungan masyarakat yang didukung satuan tugas penegakan hukum.

Menurut dia, penghargaan diberikan karena tantangan tugas bagi 11 anggota polisi asli Papua itu lebih berat, yakni harus menghadapi masyarakat lokal, menjalankan tugas Operasi Damai Cartenz salah satunya peningkatan kesejahteraan.

“Karena menghadapi sesama OAP untuk ditingkatkan kesejahteraannya sebagaimana tujuan dari Operasi Damai Cartenz,” ujar Dedi.

Penghargaan ini diharapkan memotivasi para personel Polri lainnya untuk meningkatkan kinerja dan dedikasi dalam memberikan perlindungan, pelayanan, pengayoman dan penegakan hukum di masyarakat.

Berikut daftar nama personel Polres Pegunungan Bintang yang menerima penghargaan Kapolri

Penghargaan KPLB satu tingkat lebih tinggi dari pangkat lama:

  1. Brigpol Arman Rante Limbong, jabatan Banit 3 SPKT Polres Pegunungan Bintang.
  2. Briptu Melkias Petrus Sada Tapu, jabatan Bamin Satintelkam Polres Pegunungan Bintang.
  3. Bripda Hajai Pulalo, jabatan Basi Propram Polres Pegunungan Bintang
  4. Bripda Hamow Yosua Yapsenang, jabatan Ba Polres Pegunungan Bintang.
  5. Bripda Riyan Capri Zona, jabatan Ba Ro Ops Polda Papua.

Penghargaan promosi jabatan Sespimmen T.A 2025:

Kompol Micha Toding Potty, jabatan Wakapolres Pegunungan Bintang.

Penghargaan penerima promosi SIP T.A 2025

  1. Bripka Natalius Kalep Paisei, jabatan Pa Siaga Bagops Polres Pegunungan Bintang
  2. Bripka Randy Christian Korwa, jabatan Kanit Dalmas Satu Satsamapta Polres Pegunungan Bintang

Penghargaan Pin Emas Kapolri

  1. AKP Nama Menase Sayori, jabatan Kabagops Polres Pegunungan Bintang
  2. Iptu Sutokit, jabatan Kasat Intelkam Polres Pegunungan Bintang
  3. Iptu Jarwo Sasmito, jabatan Kasatreskrim Polres Pegunungan Bintang.