Lanal Palu gelar panen raya sayur dan singkong peringati Hari Ketahanan Pangan Sedunia

id Lanal Palu ,Panen Raya ,Hari Ketahanan Pangan Sedunia ,Sulawesi Tengah ,Program ketahanan pangan

Lanal Palu gelar panen raya sayur dan singkong peringati Hari Ketahanan Pangan Sedunia

Lanal Palu melaksanakan panen raya dalam rangka memperingati Hari Ketahanan Pangan Sedunia di Palu, Sabtu (19/10/2024). (ANTARA/HO-Pen Lanal Palu)

Palu (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Palu, Sulawesi Tengah, menggelar panen raya sayur dan singkong di lahan milik TNI AL dalam rangka memperingati Hari Ketahanan Pangan Sedunia.
 
"Dalam rangka memperingati Hari Ketahanan Pangan Sedunia, Lanal Palu melaksanakan panen raya di lahan yang telah dikembangkan untuk mendukung program ketahanan pangan," kata Komandan Lanal Palu Kolonel Laut (P) Marthinus Sir di Palu, Sabtu.
 
Ia mengatakan pangan merupakan komoditas penting dan strategis sebagai kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi.
 
Melalui kegiatan panen raya ini, kata dia, Lanal Palu menunjukkan komitmen dalam mendukung program pemerintah terkait ketahanan pangan.
 
Ia menyebut bahwa program ketahanan pangan yang dilaksanakan di wilayah ini merupakan wujud peran aktif TNI AL dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.
 
Program ketahanan pangan ini, kata dia, juga mendukung kebijakan pemerintah dengan turut berupaya mengembangkan dan memanfaatkan lahan tidur agar lebih bermanfaat dan produktif.
 
Lanal Palu melaksanakan panen raya pada lahan seluas satu hektare dengan memanen berbagai jenis sayuran seperti kangkung, sawi, selada dan juga singkong.
 
Kemudian hasil dari panen tersebut akan didistribusikan kepada masyarakat di sekitar Lanal Palu sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Marthinus mengatakan bahwa panen raya ini juga sebagai motivasi dan nilai positif bagi masyarakat, terlebih dalam peningkatan ketahanan pangan dan ekonomi.
 
"Ketahanan pangan adalah salah satu bagian penting dari kedaulatan bangsa. Melalui panen raya ini, kami ingin menunjukkan kontribusi nyata dari Lanal Palu dalam menjaga ketersediaan pangan, terutama di wilayah pesisir,” ujarnya.
 
Melalui kegiatan ini, dia berharap dapat lebih mempererat kedekatan dan hubungan silaturahmi antara prajurit TNI dengan masyarakat.