PPLD Sulteng Siap Lahirkan Atlet Nasional

id yunan

PPLD Sulteng Siap Lahirkan Atlet Nasional

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Tengah Yunan Lampasio (fb)

Palu,  (antarasulteng.com) - Provinsi Sulawesi Tengah siap melahirkan atlet-atlet nasional dari berbagai cabang olahraga melalui Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Pusat Pembinaan dan Latihan Daerah (PPLD) dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO}.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulteng, Yunan Lampasio di Palu, Sabtu, mengatakan sudah banyak atlet asal provinsi ini yang menjadi atlet nasional lewat binaan PPLP, PPLD dan SKO.

Karena itu, kata dia, Sulteng akan terus melakukan pembinaan dengan terprogram dan fokus guna mencetak atlet-atlet berprestasi yang bukan hanya mengharumkan nama daerah, tetapi "Merah Putih".

"Pembinaan atlet, harus dimulai sejak usia dini dan itu sudah dilakukan di Sulteng dan telah terbukti," katanya.

Beberapa mantan atlet nasional maupun yang ada sekarang ini merupakan hasil dari pembinaan usia dini.

Pembinaan atlet di Sulteng, kata Yunan, salah satu melalui Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) dan PPLPD dan SKO.

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng hingga saat ini sudah membentuk sejumlah PPLP untuk beberapa cabang olahraga prioritas yang ada di daerah ini.

Seperti PPLP cabang olahraga tinju, karate, dayung, pencaksilat dan sepaktakraw.

Cabang-cabang tersebut, kata Yunan, telah menghasilkan atlet-atlet aset daerah dan nasional. Salah satu atlet dayung Sulteng, Rio Riski saat ini berada di Pelatnas bergabung dengan atlet terbaik asal daerah lainnya.

"Ini merupakan hasil dari pembinaan yang terprogram dan terfokus yang dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulteng," kata Yunan.

Ke depan, Yunan optimistis, akan semakin banyak atlet Sulteng yang menjadi aset nasional untuk mewakili Indonesia di berbagai kejuaraan Asia, Asean dan kejuaraan dunia. (skd)