Sulteng berpeluang menjadi produsen perikanan terbesar di timur Indonesia

id Rusdi mastura

Sulteng berpeluang menjadi produsen perikanan terbesar di timur Indonesia

Rusdi Mastura. ANTARA/Muhammad Hajiji

Palu (ANTARA) - Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dinilai memiliki peluang besar menjadi produsen perikanan terbesar di kawasan timur Indonesia.

"Sulawesi Tengah adalah satu-satunya provinsi di Kepulauan Sulawesi yang memiliki tiga perairan sekaligus. Hal ini tidak dimiliki oleh provinsi-provinsi lainnya di kepulauan Sulawesi," ucap bakal calon Gubernur Sulteng Rusdi Mastura di Palu, Sulteng, Minggu.

Rusdi menguraikan tiga perairan yang dimiliki Sulteng yakni Teluk Tomini, Teluk Tolo dan Selat Makassar sekaligus Laut Sulawesi.

Baca juga: Gubernur Disarankan Ajak Rusdi Mastura Tanggulangi Kemiskinan

Menurut dia, jika dipandang dari keberadaan tiga wilayah perairan tersebut, maka seharusnya Provinsi Sulawesi Tengah menjadi produsen sumber daya hasil perikanan terbesar Indonesia timur, sehingga bisa sebagai aset pendapatan daerah.

Selain itu, posisi geostrategis Sulteng juga ditunjang dengan luas wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil di Provinsi Sulawesi Tengah yakni, perairan 77.295,90 km2 dengan panjang garis pantai 6.653 km.

Tidak hanya itu, Sulteng, sebut dia, juga memiliki 1.604 pulau dengan luas ekosistem terumbu karang 187.766,71 hektare, lekosistem lamun 27.406,48 hektare dan luas ekosistem mangrove 33.876,29 hektare.

"Itu baru pulau dan perairan, kita juga memiliki luas daratan yang luar biasa, yakni 61.841,29 km persegi. Hanya dihuni penduduk 2.831.283 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 46 jiwa/km2. Bahkan kalau tidak keliru, Sulawesi Tengah masih menempati peringkat ke-10 untuk luas wilayah di Indonesia setelah Kalimantan Utara dan Aceh," sebut dia.

Rusdi yang merupakan mantan Wali Kota Palu dua periode itu mengemukakan Sulteng mestinya menjadi pusat ekonomi Pulau Sulawesi dan menjadi denyut nadinya produksi dan konsumsi Sulawesi.

Hal itu karena letak Sulteng berbatasan langsung dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo, sebelah timur berbatasan dengan Provinsi Maluku, sementara sebelah selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Selatan dan Provinsi Sulawesi Tenggara, sebelah barat berbatasan langsung dengan Selat Makassar.

"Namun sayang, dari segi konektivitas jalur darat. Hingga jelang tahun 2020 ini, panjang jalan di Provinsi Sulawesi Tengah baru sekitar 16 ribuan km, belum terhitung yang rusak parah dan rusak ringan," kata Rusdi yang juga Ketua Dewan Pertimbangan DPW NasDem Sulteng.

Baca juga: Rusdi Mastura/Ma'mun Amir baru sebatas wacana
Baca juga: Rusdi Mastura Optimistis Raih Mandat Rakyat Sulteng