Belgia Menang 2-1 Atas AS

id word, cup, belgia

Belgia Menang  2-1 Atas AS

Romelu Lukaku rayakan gol ke-2 Belgia yang dicetaknya ke gawang AS di paruh pertama perpanjangan waktu laga 16 Besar Piala Dunia 2014 di Fonte Nova Arena, Salvador (1/7). (AFP PHOTO/FRANCISCO LEONG)

Salvador (antarasulteng.com) - Belgia akhirnya memenangi pertempuran sengit melawan Amerika Serikat pada laga terakhir babak 16 besar Piala Dunia 2014 di Fonte Nova Arena, Salvador, Selasa petang waktu setempat (Rabu pagi WIB), dengan skor akhir 2-1.

Belgia, yang dipaksa meladeni permainan cepat Amerika Serikat, membuka keunggulan melalui gol De Bruyne menit 93, menit awal babak pertama perpanjangan waktu setelah kedua tim bermain sama kuat 0-0 dalam dua babak waktu normal.

Kebuntuan terpecahkan setelah pelatih Belgia Marc Wilmots memasukkan Lukaku pada babak pertama perpanjangan waktu. Umpan gemilang Lukaku lah yang mengantar gol De Bruyne untuk Belgia.

Sekitar 12 menit kemudian, Lukaku memperbesar keunggulan Belgia. Kali ini giliran de Bruyne yang membantu Lukaku untuk menaklukkan kiper Tim Howard.

Umpan Bruyne kepada Lukaku yang berada di kotak penalti Amerika Serikat, diselesaikan dengan sempurna oleh pemain Chelsea itu. Bola tendangannya bersarang di kanan bawah gawang AS dan tidak bisa dijangkau Howard.

Namun, Belgia yang sudah unggul dengan dua gol, tidak lantas dengan mudah memastikan kemenangan, karena pada awal babak kedua perpanjangan waktu pemain pengganti Green mencetak gol untuk memperkecil ketertinggalan AS.

Green mencetak gol pada menit 107, umpan lambung dari tengah lapangan disambutnya dengan contekan taktis. Bola sepakannya melayang masuk ke gawang Belgia meskipun sempat tersentuh tangan kiper Courtois.

Meski AS terus berupaya menyamakan kedudukan dengan serangan-serangan berbahaya dan mendebarkan, hingga 2x15 menit berakhir Belgia lah yang menjadi pemenang serta memastikan melaju ke perempat final Piala Dunia 2014.

Dalam laga panjang melawan Belgia, kiper AS Tim Howard tampil luar biasa dan berkali-kali menyelamatkan gawangnya dari gempuran Origi, Kompany, Eden Hazard, Mirallas, dan terakhir Lukaku.

Dalam babak pertama waktu normal saja, Howard sedikitnya telah mematahkan lima tembakan para pemain Belgia ke gawang Amerika Serikat.

Sementara kiper Belgia Courtois juga dua kali menghadang tendangan Dempsey pada menit 21 dan 74.

Dengan kemenangan 2-1 atas Amerika Serikat, Belgia di perempat final akan menantang Argentina yang dalam laga sebelumnya mengalahkan Swiss 1-0.

Berikut susunan pemain Belgia vs Amerika Serikat:

Belgia

Line-ups: 1-Courtois (GK), 2-Alderweireld, 4-Kompany (C), 5-Vertonghen, 6-Witsel, 7-De Bruyne, 8-Fellaini, 10-Eden Hazard, 14-Mertens, 15-van Buyten, 17-Origi.

Pengganti: 12-Mignolet (GK), 13-Bossut (GK), 3-Vermaelen, 9-Lukaku, 11-Mirallas, 18-Lombaerts, 19-Dembele, 20-Januzaj, 22-Chadli, 23-Ciman, 16-Defour, 21-Vanden Borre.

Pelatih: Marc Wilmots (Belgia)

Amerika Serikat


Line-ups: 1-Howard (GK), 3-Gonzalez, 4-Bradley, 5-Besler, 7-Beasley, 8-Dempsey, 11-Bedoya, 13-Jones, 19-Zusi, 20-Cameron, 23-Johnson.

Pengganti: 12-Guzan (GK), 22-Rimando (GK), 2-Yedlin, 6-Brooks, 9-Johannsson, 10-Diskerud, 14-Davis, 15-Beckerman, 16-Green, 17-Altidore, 18-Wondolowski, 21-Chandler.

Pelatih: Juergen Klinsmann (Jerman). (skd)