Diknas Sulbar Minta 20 Persen Porsi APBD

id biaya, pendidikan

Idealnya anggaran pendidikan dianggarkan 20 persen di APBD Sulbar untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan, sehingga kami berharap pada 2015 itu dapat terealisasi
Mamuju,  (antarasulteng.com) - Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulawesi Barat meminta peningkatan porsi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total APBD provinsi itu.

"Idealnya anggaran pendidikan dianggarkan 20 persen di APBD Sulbar untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan, sehingga kami berharap pada 2015 itu dapat terealisasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulbar Mulyadi Bintaha di Mamuju, Rabu.

Anggaran pendidikan yang dikelola melalui Diknas Sulbar pada tahun 2014 hanya sekitar sekitar Rp41 miliar dari total APBD Sulbar sekitar Rp1 triliun.

Menurut dia anggaran pendidikan itu akan digunakan untuk melaksanakan sejumlah program pendidikan, di antaranya program pendidikan anak usia dini, pengentasan buta aksara serta peningkatan mutu tenaga pendidik, kemudian peningkatan sarana dan prasarana sekolah.


Namun anggaran itu tidak cukup dan dianggap rendah dibandingkan kebutuhan pemerintah dalam melaksanakan program peningkatan pendidikan.

Oleh karena itu ia mengatakan, anggaran mesti ditingkatkan menjadi 20 persen agar ideal membangun pendidikan Sulbar yang masih cukup tertinggal.

"Peningkatan pendidikan di Sulbar penting, melihat banyaknya program pemerintah di berbagai bidang yang akan dilaksanakan," katanya.

Menurut dia, yang penting dibenahi pendidikan di Sulbar diantaranya adalah kapasitas tenaga pendidik agar terus dapat meningkat.(skd)