Mantan Menlu Slowakia Demes luncurkan buku "Indonesia: Unity in Diversity"

id Slowakia,dubes

Mantan Menlu Slowakia Demes luncurkan buku "Indonesia: Unity in Diversity"

Dr. Pavol Demes mengucapkan terima kasih kepada KBRI Bratislava, Kementerian Agama RI dan Kementerian Luar Negeri yang telah memberikan kesempatan untuk melihat secara langsung kehidupan sosial dan kehidupan antar umat beragama di Indonesia. (KBRI)

London (ANTARA) - KBRI Bratislava mengadakan acara peluncuran buku “Indonesia: Unity in Diversity” ditulis mantan Menteri Luar Negeri Slowakia, Dr. Pavol Demes.

Pensosbud KBRI Bratislava, Lely Meiliani kepada Antara London, Ahad, mengatakan acara peluncuran dilakukan bersamaan dengan perayaan Natal di KBRI Bratislava dilakukan secara terbatas karena memperhatikan aturan pemerintah Slowakia terkait pandemi COVID-19.

Buku itu merupakan dokumentasi saat berkunjung ke Indonesia pada April 2018 lalu memotret toleransi dan kerukunan kehidupan beragama serta dialog antar kepercayaan yang dilandasi Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dubes RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pavol Demes atas upayanya memperkenalkan kehidupan beragama di Indonesia yang harmonis dan penuh toleransi kepada masyarakat Slowakia.

Mulai dari kegiatan pameran foto, photo lecture di universitas, hingga penerbitan buku “Indonesia: Unity in Diversity”.

Diharapkan melalui serangkaian kegiatan tersebut, masyarakat Slowakia dapat lebih mengerti dan memahami Indonesia dengan nilai-nilai luhur yang dianut dan akan membawa hubungan kedua negara yang lebih dekat.

Sementara itu Dr. Pavol Demes dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada KBRI Bratislava, Kementerian Agama RI dan Kementerian Luar Negeri yang telah memberikan kesempatan untuk melihat secara langsung kehidupan sosial dan kehidupan antar umat beragama di Indonesia.

Kunjungannya ke Indonesia merubah sudut pandangnya sebagai orang Eropa atas Islam dan negara berpenduduk Muslim terbesar.

Ia sangat kagum dengan Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika yang dapat mempersatukan Indonesia yang sangat beragam.*