Pemkab Buol beri bantuan alat tangkap untuk nelayan tambah produksi

id nelayan buol,perikanan buol,kelautan buol,bupati buol,pemkab buol,amirudin rauf

Pemkab Buol  beri bantuan alat tangkap untuk nelayan tambah produksi

Bupati Buol Amirudin Rauf memberikan bantuan secara simbolis kepada sejumlah nelayan di Buol, Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol.

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Daerah Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, memberikan bantuan berupa sarana alat tangkap untuk menunjang kegiatan nelayan dalam meningkatkan produksi pada sektor kelautan dan perikanan di daerah tersebut.

"Pemkab Buol berkomitmen untuk meningkatkan produksi nelayan pada sektor kelautan dan perikanan, dengan mengintervensi langsung kebutuhan nelayan menyangkut dengan sarana alat tangkap," ucap Bupati Buol Amirudin Rauf, di Buol, Sabtu.

Pemkab Buol menyerahkan bantuan kepada nelayan berupa alat penangkap ikan gillnet atau jaring sebanyak 12 paket, dengan nilai anggaran sebesar Rp225 juta.

Bantuan tersebut, kata Bupati Amirudin Rauf merupakan program dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buol yang sumber anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Kemudian, bantuan berupa alat pendeteksi ikan fish finder sebanyak 45 unit dengan nilai anggaran Rp190 juta, juga berasal dari DAK pada Dinas Kelauatan dan Perikanan.

Pemkab Buol juga menyalurkan bantuan berupa mesin katinting sebanyak 63 unit dengan nilai anggaran mencapai Rp812 juta dan kapal fiber kapasitas 5 GT, dengan nilai anggaran mencapai Rp570 juta, diberikan kepada dua kelompok nelayan.

Nelayan di Kabupaten Buol juga mendapat bantuan perahu kayu sebanyak 12 unit dengan nilai anggaran Rp180 juta, dan satu unit rumpon atau alat bantu penangkapan ikan dengan anggaran Rp74 juta.

"Nelayan juga mendapat bantuan 127 unit termos ikan untuk 10 kelompok nelayan, dan kemasan plastik sejumlah 68 pcs untuk tujuh kelompok nelayan, serta satu unit alat gilingan bakso ikan," ujarnya.

Bupati Amirdudin Rauf mengatakan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Buol, menjadi salah satu primadona yang potensinya harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat nelayan.

"Olehnya Pemkab Buol dengan konsep membangun kemandirian ekonomi masyarakat, berupaya memberikan stimulus dan mengintervensi langsung kebutuhan nelayan dan memanfaatkan potensi-potensi tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa keseluruhan bantuan sarana tersebut telah diserahkan kepada nelayan, pada momentum HUT ke-22 Kabupaten Buol.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021