Pemprov Sulteng minta optimalkan potensi wisata di Kabupaten Poso

id kabupatenposo,sulawesitengah,pariwisata,danauposo

Pemprov Sulteng  minta optimalkan potensi wisata di Kabupaten Poso

Perkemahan di wisata Danau Tambing Taman Nasional Lore Lindu Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. ANTARA/ (Kristina Natalia)

Poso (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Poso agar mengoptimalkan potensi pariwisata yang dapat meningkatkan pendapatan daerah.

"Adanya destinasi wisata yang baru akan memberikan manfaat dan dampak yang baik terhadap pembangunan daerah Kabupaten Poso," kata Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Mamun Amir di Palu, Selasa 22/03.

Menurut Mamun, Kabupaten Poso memiliki alam yang sangat baik dan berpotensi untuk dikembangkan jadi wisata. Namun perlu dilakukan perbaikan infrastruktur guna mendukung potensi yang ada.

"Objek wisata sangat strategis dan jika dioptimalkan maka akan mendukung pembangunan daerah itu," tuturnya.

Pengembangan pariwisata di Kabupaten Poso juga dibantu oleh PT Poso Energi dan akan dimatangkan dalam perjanjian hibah tanah.

"Potensi sumber daya alam yang sangat baik dan jika ini dikelola dengan baik maka akan membantu dalam menurunkan angka kemiskinan. Ada juga peningkatan fiskal daerah," ujarnya.

Bupati Poso, dr Verna Ingkiriwang menambahkan saat ini pengelolaan wisata di Kabupaten Poso melibatkan masyarakat lokal. Tak hanya membantu mengembangkan daerah namun juga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keterlibatan masyarakat juga akan membantu dalam menjaga kelestarian alam.

"Kita utamakan masyarakat yang ada di sekitar kawasan wisata, sehingga masyarakat terberdayakan," terangnya dihubungi, Selasa.

Menurut Verna, salah satu potensi wisata yang yang unggul adalah Danau Poso dan diharapkan mendapat perhatian dalam hal infrastruktur. Sebab jumlah pengunjung di Danau Poso terus mengalami peningkatan.

"Ini pengunjungnya bukan hanya masyarakat di Sulawesi Tengah tetapi juga mancanegara," sebut Verna.

Selain perbaikan infrastruktur, Verna juga berterima kasih karena pemerintah pusat serta TNI/Polri dalam mendukung keamanan di daerah tersebut.

"Itu yang menjadi kendala pada tahun-tahun sebelumnya sekarang kendala ini sudah teratasi," katanya.