Pemkab Sigi minta investor melibatkan petani dalam pengembangan usaha

id pemkab sigi,industri pertanian sigi,wabup sigi,samuel pongi,gubernur sulteng,rusdy mastura,pertanian sigi

Pemkab Sigi minta investor melibatkan petani dalam pengembangan usaha

Pertamuan antara PT Cargill Indonesia dengan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, meminta investor PT Cargill Indonesia agar melibatkan petani di daerah itu dalam kegiatan pengembangan usaha sektor pertanian.

"Dalam kegiatan teknis lapangan terkait dengan investasi, investor agar memberdayakan petani," ucap Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi di Sigi, Sabtu.

Samuel mengakui bahwa ia telah menerima kunjungan silaturahim PT Cargill Indonesia yang ingin berinvestasi di sektor pertanian dan perkebunan di Kabupaten Sigi.

Dalam pertemuan itu, Samuel didampingi oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi Rahmad Iqbal Nurkhalis.

Samuel mengatakan bahwa Pemkab Sigi memberikan dan membuka peluang kepada investor untuk berinvestasi di Kabupaten Sigi termasuk di sektor pertanian dan perkebunan.



"Prinsipnya Pemkab Sigi memudahkan investor berinvestasi di sektor pertanian, namun dengan cacatan pelaku usaha harus memberdayakan petani," katanya.

Ia menekankan kepada investor PT Cargill Indonesia agar tidak hanya memperhatikan atau mengutamakan aspek bisnis, melainkan juga harus memperhatikan aspek pemberdayaan.

Selain PT Cargill Indonesia, saat ini PT Hasta Yudha Mukti selaku investor juga berinvestasi di Sigi mengembangkan tanaman jagung terintegrasi budidaya peternakan sapi dalam satu kawasan terpadu.

Kemudian PT Sinar Borneo Cemerlang yang berinvestasi di Sigi mengembangkan tanaman ubi kayu dan mengolah hasilnya menjadi tapioka.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mendorong Kabupaten Sigi menjadi daerah industri pertanian, karena memiliki potensi sektor pertanian dan perkebunan yang memadai.

"Ke depan saya ingin Kabupaten Sigi menjadi daerah industri pertanian," ucap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura.
 
Foto bersama pihak PT Cargill Indonesia dengan Wakil Bupati Sigi Samuel Yansen Pongi. (ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Sigi)








 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemkab Sigi minta investor libatkan petani dalam pengembangan usaha