Kemenkumham tinjau Rutan-Palu pastikan pemenuhan hak warga binaan

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Rutan Palu ,Tinjau sarana dan prasarana ,Memastikan hak warga binaan terpenuhi ,Sulteng

Kemenkumham tinjau Rutan-Palu pastikan pemenuhan hak warga binaan

Kepala Kanwil Kemenkumham Sulawesi Tengah Hermansyah Siregar meninjau sarana dan prasarana di Rutan Palu, Sabtu (2/12/2023). ANTARA/HO-Humas Rutan Palu.

Palu (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tengah Hermansyah Siregar meninjau Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palu untuk memastikan pemenuhan hak warga binaan pemasyarakatan (WBP) berjalan dengan baik.

"Semuanya sudah sangat baik, kami memberikan apresiasi atas lancarnya program pemasyarakatan di Rutan Palu. Namun, tentunya ini harus terus ditingkatkan," kata Hermansyah Siregar saat melakukan kunjungan perdana ke Rutan Kelas II A Palu, Sabtu.

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulteng bersama jajarannya meninjau berbagai fasilitas dan sarana prasarana penunjang program pemasyarakatan, antara lain ruangan pengunjung, klinik kesehatan, dapur, dan hal teknis lainnya seperti pengecekan berbagai sistem data base pemasyarakatan.

Ia menyampaikan bahwa semua sarana dan prasarana tersebut harus terstandardisasi sesuai standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku agar pembinaan tersebut dapat berjalan baik.

Selain berperan untuk memastikan bahwa setiap hak dari WBP terpenuhi dengan baik, kata dia, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan juga berkewajiban menyiapkan para WBP agar memiliki kapasitas diri yang mumpuni guna menunjang kesejahteraan hidup mereka saat telah keluar dari rutan.

"Pesan untuk semua jajaran pemasyarakatan bahwa para WBP mesti memiliki kemampuan untuk bisa hidup mandiri, hidup lebih baik ketika telah keluar dari sini," katanya.

Untuk itu, dia meminta setiap UPT Pemasyarakatan agar menjalankan program binaan dengan baik dan memenuhi hak warga binaan, sehingga mereka dapat menjadi individu yang positif, bermanfaat dan terbebas dari stigma negatif nantinya.

Siregar juga menyampaikan apresiasi atas program pembinaan yang telah diberikan dengan baik dan berharap agar hal positif tersebut terus ditingkatkan sehingga benar-benar menghasilkan para warga binaan yang siap menjadi pionir pembangunan bangsa di masa depan.

Kakanwil Kemenkumham Sulteng juga menyempatkan untuk berkomunikasi dan bernyanyi bersama dengan warga binaan itu.


Kepala Rutan Palu Yansen pun menyatakan akan memastikan berbagai pembinaan yang diberikan dapat bermanfaat bagi kehidupan WBP ketika telah kembali di tengah masyarakat.

“Kami memastikan akan terus memberikan pembinaan yang bermanfaat bagi warga binaan ke depan. Saran dan dukungan dari bapak Kakanwil menjadi motivasi untuk terus berusaha memberikan pembinaan yang lebih baik,” kata Yansen.

Dia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk menghadirkan pelayanan prima, pelayanan yang memberi dampak baik buat warga binaan serta masyarakat luar.