Lima anak binaan LPKA Palu dapat gelar "Agent of Health"

id LPKA Palu,Agent of Health ,Duta kesehatan ,Kota Palu ,Puskesmas Bulili ,Sulawesi Tengah

Lima anak binaan LPKA Palu dapat gelar "Agent of Health"

Jajaran LPKA Palu dan Tim Puskesmas Bulili berfoto bersama dengan anak binaan di LPKA Palu, Kota Palu, Senin (19/2/2024). (ANTARA/HO-LPKA Palu)

Palu (ANTARA) - Sebanyak lima anak berhadapan hukum (ABH) atau anak binaan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palu di Sulawesi Tengah, mendapatkan gelar "Agent of Health" atau Duta Kesehatan setelah melalui beberapa rangkaian seleksi.
 
Kepala LPKA Palu Revanda Bangun di Palu, Senin, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Puskemas Bulili melaksanakan pemilihan Duta Kesehatan bagi anak binaan di LPKA Palu dalam upaya menyiapkan generasi muda yang sehat.

"Kami berharap dengan program ini, dapat mampu membantu pemerintah khususnya pada bidang kesehatan dalam menyiapkan generasi muda yang sehat, produktif dan berkualitas," katanya.
 
Ia menjelaskan pemilihan Duta Kesehatan merupakan wadah mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan usia anak dan perilaku seks pranikah, serta napza guna menjadi remaja tangguh.
 
Oleh karena itu, Revanda mengaku bangga atas pencapaian yang telah diraih oleh para anak binaan dan meminta mereka agar terus berkarya dan berprestasi.
 
Sebanyak lima anak binaan tersebut telah melewati berbagai seleksi, mulai dari tahapan penguasaan materi dalam hal ini ujian tertulis, wawancara, serta perilaku budaya hidup sehat yang diperlihatkan dalam beraktivitas sehari-hari.
 
Seleksi dan penilaian dilakukan oleh Tim Puskesmas Bulili, tenaga kesehatan LPKA Palu, dan mahasiswa Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes.

LPKA Palu dan Puskesmas Bulili juga melakukan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) dalam rangka menciptakan anak sehat, anak cerdas menuju Indonesia Emas 2045.
 
Kepala Puskesmas Bulili Agustina mengatakan proses seleksi ketat terhadap anak binaan telah dilakukan dengan hasil lima orang menyandang gelar "Agent of Health".
 
“Seleksi telah kita lakukan, hasilnya lima orang anak binaan ini menurut kami pantas untuk menjadi motivator bagi teman sebayanya dalam hal penerapan budaya hidup sehat," katanya.
 
Dia berpesan kepada anak binaan agar selalu menjadi motivator serta panutan bagi teman sebayanya, khususnya dalam hal penerapan budaya hidup sehat.
 
Ia mengatakan kegiatan yang bisa dilakukan berupa aktivitas fisik secara teratur, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman keras atau narkoba.
 
"Menjadi Duta Kesehatan merupakan kebanggaan sendiri, kalian adalah anak hebat, tetap semangat. Terus sebarkan budaya hidup sehat di lingkungan LPKA Palu, maupun di lingkungan masyarakat serta keluarga apabila telah bebas nanti," kata dia.
 
Salah satu anak binaan yang terpilih sebagai Duta Kesehatan, RH, mengaku senang bisa memberikan kontribusi nyata dan positif bagi LPKA Palu.
 
Ia mengatakan meski berada di tempat yang terbatas, hal itu tidak menyurutkan semangat dalam menorehkan prestasi.