KPU Donggala seleksi tertulis calon anggota ppk untuk 16 kecamatan

id Kabupaten Donggala ,Sulawesi Tengah ,Komisi Pemilihan Umum ,Kpu Donggala

KPU Donggala seleksi tertulis calon anggota ppk untuk 16 kecamatan

Peserta calon anggota PPK saat mengikuti seleksi tertulis untuk Pilkada Donggala 2024 menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). (ANTARA-HO-KPU Donggala)

Donggala, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah (Sulteng), melaksanakan seleksi tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) calon anggota panitia pemilihan kecamatan (PPK) 16 kecamatan untuk bertugas pada Pilkada serentak 2024.

"Hasil penelitian administrasi calon anggota PPK untuk pemilihan kepala daerah di Donggala memenuhi syarat untuk tes tertulis berjumlah 162 orang dan ada tiga orang dinyatakan tidak memenuhi syarat, " kata Ketua KPU Donggala Nurbia di Donggala, Rabu.

Dia menuturkan pelaksanaan seleksi tertulis anggota PPK itu berlangsung selama tiga hari tanggal (6-8/5) di SMK Negeri 1 Banawa.

"Ujian seleksi tertulis penerimaan badan ad hoc PPK di Donggala ini dalam sehari dibagi menjadi tiga sesi dan hari pertama diikuti tujuh kecamatan yaitu Banawa, Banawa Tengah, Banawa Selatan, Rio Pakava, Tanantovea, Labuan dan Sindue," ucapnya.

KPU Donggala, kata dia, membutuhkan anggota PPK bertugas di masing-masing kecamatan pada Pilkada serentak mendatang sebanyak 80 orang.

"Total untuk dua kali kebutuhan itu 160 orang di 16 kecamatan dengan masing-masing kecamatan itu lima anggota PPK, sementara lainnya menjadi cadangan atau pengganti antar waktu (PAW), Jadi yang dilantik nanti hanya 80 orang," ujar dia.

Dia menambahkan agar masyarakat selama proses seleksi tertulis badan ad hoc dapat memberikan tanggapan terhadap seluruh calon anggota PPK di Donggala.

"Kami membuka tanggapan dan masukan bagi masyarakat terhadap calon anggota PPK selama tujuh hari yaitu mulai tanggal 4 sampai 10 Mei 2024," tuturnya.

Kemudian usai mengikuti seleksi tertulis akan dilanjutkan tes wawancara bagi anggota PPK yang dinyatakan lolos seleksi tersebut.

"Sesuai jadwal penetapan dan pelantikan anggota PPK tanggal 16 Mei mendatang," kata Nurbia.