Wagub Sulteng ajak seluruh elemen bangsa gotong royong merawat Pancasila

id Pemprov Sulteng ,Wagub Sulteng ,Hari Lahir Pancasila ,Rawat anugerah Pancasila

Wagub Sulteng ajak seluruh elemen bangsa gotong royong merawat Pancasila

Wakil Gubernur Sulteng Ma'mun Amir pada momentum upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Palu, Sabtu (1/6/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pemprov Sulteng)

Palu (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ma'mun Amir mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila.
 
"Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni," kata Ma'mun Amir pada momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kota Palu, Sabtu.
 
Ia mengatakan seluruh elemen bangsa harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Peringatan Hari Lahir Pancasila, kata dia, mengambil tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045', dengan maksud bahwa Pancasila menyatukan seluruh masyarakat dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia.
 
Dia menyampaikan bahwa di dalam Pancasila, terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".
 
Karena itu, Wagub mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
"Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar," ujarnya.
 
Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.
 
Ia percaya dengan Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

"Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya," ujarnya lagi.
 
Ma'mun Amir berharap peringatan Hari Lahir Pancasila dapat memompa semangat seluruh elemen bangsa untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.