Pemkab Tolitoli serahkan bantuan cadangan pangan ke dua desa di Kecamatan Dondo

id Kabupaten Tolitoli ,Sulawesi Tengah ,Cadangan pangan,Bulog

Pemkab Tolitoli serahkan bantuan cadangan pangan ke dua desa di Kecamatan Dondo

Bupati Tolitoli Amran H Yahya (tiga kiri) didampingi Perum Bulog setempat saat memberikan bantuan cadangan pangan kepada masyarakat di Kecamatan Dondo. ANTARA/HO-Pemkab Tolitoli

Tolitoli (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tolitoli, Sulawesi Tengah, memberikan bantuan cadangan pangan untuk dua desa di Kecamatan Dondo, dan memastikan cadangan pangan di daerah ini mencukupi bagi kebutuhan masyarakat setempat.
 
Adapun cadangan pangan itu diberikan untuk dua desa, yaitu Desa Tinabogan dan Luok Manipi, di Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli.
 
"Penyerahan bantuan cadangan pangan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memastikan ketahanan pangan di Kecamatan Dondo, karena ini adalah kebutuhan dasar masyarakat," kata Bupati Tolitoli Amran H Yahya, Selasa.
 
Ia menuturkan agar masyarakat di Kecamatan Dondo dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan cadangan pangan yang diberikan pemerintah daerah tersebut.
 
"Untuk masyarakat bisa menggunakan dengan bijak dan menjaga persediaan pangan ini, agar dapat bermanfaat hingga beberapa bulan ke depan," ujarnya pula.
 
Dia mengajak masyarakat di daerah itu untuk tetap memanfaatkan lahan yang ada untuk bertani dan berkebun.
 
"Lahan kosong itu manfaatkan, dan masyarakat harus mampu berinovasi dalam bidang pertanian agar bisa meningkatkan produksi pangan lokal," ujarnya.
 
Pemerintah daerah, kata dia lagi, senantiasa bekerjasama dengan masyarakat untuk mewujudkan ketahanan pangan guna kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Berdasarkan data Perum Bulog Tolitoli, untuk ketersediaan beras di Kabupaten Tolitoli masih aman dan mencukupi hingga lima bulan ke depan.
 
Saat ini stok beras di Perum Bulog Tolitoli siap untuk didistribusikan ketika terjadi lonjakan harga di pasaran.

Untuk harga beras di daerah itu, jenis premium mencapai Rp16 ribu per kilogram dan beras jenis medium mencapai Rp13.500 per kilogram dan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Rp12.500 per kilogram.