BEI luncurkan galeri investasi di STIE Panca Bhakti Palu

id BEI, galeri infestasi, STIE palu, pasar modal

BEI  luncurkan galeri investasi di STIE Panca Bhakti Palu

Kepala Unit Perwakilan Area II PT Bursa Efek Indonesia RR Nur Harjantie menjelaskan alur investasi pasar modal di galeri investasi kampus STIE Panca Bhakti Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (24/9/2019). (ANTARA/Moh Ridwan)

Semua elemen yang berada di civitas akademika STIE Panca Bhakti baik dosen, pegawai hingga mahasiswa agar menanam modal di galeri investasi sebagai wadah pasar modal. Saya selaku pimpinan akademik menjadi orang pertama berinvestasi di galeri ini
Palu (ANTARA) - PT Bursa Efek Indonesia meluncurkan galeri investasi milik Sekolah Tinggi Ekonomi Panca Bhakti Palu, Sulawesi Tengah, sebagai wadah pembelajaran tentang saham bagi para mahasiswa agar bisa menjadi pebisnis.

Kepala Unit Perwakilan Area II PT Bursa Efek Indonesia RR Nur Harjantie saat peluncuran galeri investasi BEI di Palu, Selasa, mengatakan Sulawesi Tengah telah memiliki dua galeri investasi yang semuanya berada di perguruan tinggi yakni Universitas Tadulako dan STIE Panca Bhakti Palu.

"Saat ini galeri investasi BEI di seluruh Indonesia berjumlah 411 galeri sudah termasuk dengan STIE Panca Bhakti Palu," ungkap Nur.

Menurut dia, Palu memiliki banyak potensi investasi yang belum dilirik sehingga kehadiran galeri investasi di dua perguruan tinggi di provinsi itu diharapkan dapat membantu dan memudahkan semua pihak dalam menyebarkan informasi pasar modal tepat sasaran serta memberikan manfaat bagi mahasiswa, investor, praktisi ekonomi hingga masyarakat luas.

Baca juga : Kepala Perwakilan BEI Sulteng diterima gubernur

Sistem tersebut juga sebagai upaya memperkenalkan pasar modal sejak dini di  kampus yang dikerjasamakan antara BEI dengan perguruan tinggi terkait dan perusahaan sekuritas.

Bahkan civitas akademika STIE Panca Bhakti mengaku siap berinvestasi di pasar modal melalui galeri tersebut.

Dia memaparkan, saat ini BEI sedang menyasar seluruh pelosok desa di Tanah Air sebagai upaya membuka ruang informasi investasi pasar modal berkelanjutan seluas-suasnya kepada masyarakat serta sebagai sarana edukasi.

"Kalau sebelumnya pasar modal hanya bisa diakses di kota-kota besar dan para pemodal, kini siapa saja bisa menjadi investor tanpa membutuhkan modal besar," ujar Nur.

Ketua STIE Panca Bhakti Palu Andi Mattulada Amir mengemukakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi hadirnya galeri investasi BEI.

Untuk mendorong pemanfaatan sistem tersebut, menurutnya, perlu diatur dengan regulasi internal sebagai kebijakan pimpinan di sekolah tinggi itu.

"Semua elemen yang berada di civitas akademika STIE Panca Bhakti baik dosen, pegawai hingga mahasiswa agar menanam modal di galeri investasi sebagai wadah pasar modal. Saya selaku pimpinan akademik menjadi orang pertama berinvestasi di galeri ini," kata dia.

Pada peluncuran galeri investasi BEI, dihadiri pejabat Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sulawesi Tengah, PT Phillip Sekuritas, jajaran civitas akademika STIE Panca Bhakti beserta mahasiswa dan dilanjutkan dengan seminar pasar modal.