OPINI - Non-sertifikat vs sertifikat dalam mengisi pasar kerja

id Hasanuddin Atjo

OPINI - Non-sertifikat vs sertifikat dalam mengisi pasar kerja

Hasanuddin Atjo (kanan) saat menjelaskan Sistem Budidaya Udang Supra Intensif Indonesia kepada Pemilik Rumah Perubahan/Guru Besar EkonomiUI Prof Rhenald Kasali di Palu, beberapa waktu lalu. Sistem budidaya ini merupakan yang paling produktif di dunia saat ini yakni 153 ton/hektare. (ANTARA/Rolex Malaha)

Peran masyarakat pemilik hak suara dan partai politik sebagai pemilik hak usung menjadi 'rahim' untuk melahirkan pimpinan daerah yang berkualitas.
Palu (ANTARA) - Pengangguran dan kemiskinan menjadi salah satu problem besar bangsa. Tahun 2019, pengangguran terbuka negeri ini diperkirakan sekitar 5,28 persen atau setiap 100 orang, sekitar lima orang menganggur. Sedangkan kemiskinan di angka sekitar 9,41 persen atau 25,14 juta orang.

Tidak heran kalau Presiden Joko Widodo pada periode pertama dan kedua pemerintahannya memberi prioritas utama terhadap pengembangan SDM. Bahkan tagline dalam memperingati hari Kemerdekaan RI tahun 2019 adalah 'SDM Unggul, Indonesia Maju'.

Dalam sambutan saat meresmikan salah satu Balai Latihan Kerja, Presiden Jokowi mengatakan 'ijasahmu tidak akan berarti kalau tidak diikuti dengan sikap mental dan prilakumu yang baik. Asalah skill, knowledge maupun perilakumu'.

Sitti Zohra, Peneliti Ahli dari LIPI mengemukakan bahwa persoalan utama Indonesia bukan pada radikalisme, tetapi lebih kepada tingkat pengangguran dan kemiskinan yang relatif tinggi. Apalagi prosesentase pengangguran terbuka berijazah SLA dan strata satu cenderung lebih tinggi. Kondisi ini bisa memicu munculnya disintegrasi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ex CEO Gojek, Nadiem Makkarim memberikan warning agar kita segera menyadari fenomena kondisi pendidikan di negeri ini. Pertama, kita memasuki era dimana gelar tidak menjamin kompetensi. Kedua, kita memasuki era dimana kelulusan tidak menjamin kesiapan berkarya  dan ketiga, kita memasuki era akreditasi yang tidak menjamin mutu.

Dari tiga referensi di atas, timbul pertanyaan di mana letak persoalan SDM kita, sehingga angka pengangguran dan kemiskinan masih tinggi. Ada dua faktor yang akan diulas, pertama bagaimana kadar kompetensi yang dimiliki SDM kita terkait dengan knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan) dan perilaku. Kedua, sub kompetensi mana yang sangat berpengaruh dari sesorang untuk bersaing di pasar kerja.

Menjawab pertanyaan di atas, maka ada tiga contoh yang akan diulas dan didiskusikan.

Pertama saudara Pantong, penjaga kolam budidaya udang intensif di Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Profil bersangkutan tidak tamat SD, hanya sedikit bisa menulis dan membaca. Tetapi memiliki sifat jujur, ulet, dan bertanggung jawab. Pantong bekerja atas petunjuk seorang teknisi tambak. Sudah bekerja sekitar 5 tahun dengan pendapatan diperkirakan sama dengan pejabat eselon 4 di sebuah lembaga Pemerintah.

Baca juga: Warkop mobile, kreativitas di era disrupsi
Baca juga: Melahirkan generasi yang bukan 'kaleng-kaleng'


Kedua Thresya, si penjaja 'Kopi bisa pasiar' alias mobile cafe di Kota Palu Sulawesi Tengah. Profil bersangkutan adalah sarjana strata satu Bahasa Inggris dari sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Kota Palu. Selain sebagai penjaja kopi, yang bersangkutan juga menjadi guru les privat. Pendapatan yang bersangkutan dalam sebulan diperkirakan juga sekitar sama dengan pejabat eselon 4.

Yang membedakan antara Pantong dan Thresya bahwa peluang Pantong menjadi teknisi atau pengusaha di bidangnya kecil karena keterbatasannya. Tetapi paling tidak dia sudah bisa keluar dari pengangguran dan kemiskinan. Keluarganya bisa mengenyam pendidikan dan mampu membayar iuran BPJS. Harapannya di saatnya nanti generasi Pantong dengan modal knowledge dan skill serta etos kerja yang baik dapat melebihi orang tuannya, bahkan menjadi teknisi tambak atau pengusaha yang sukses. Namun ini perlu menunggu satu generasi.

Berbeda dengan Thresya, memiliki peluang lebih terbuka untuk menjadi pengusaha di beberapa bidang karena memiliki knowledge dan skill. Beban Thresya lebih besar dari pada Pantong karena harus membangun mentalnya melayani secara menarik dan santun terhadap pembeli yang suka 'iseng'. Juga diperhadapkan kepada bagaimana melawan gengsi dari cibiran masyarakat karena seorang sarjana. Ini yang kemudian disampaikan dalam statusnya, setelah artikel 'Warkop Mobile, Kreatifitas di Era Disrupsi' beredar di medsos dan media online maupun cetak.

Dengan terharu Theresya mengatakan: 'di satu sisi ada orang mencibir saya, termasuk keluarga saya dengan profesi sebagai penjaja kopi mobile, namun di lain sisi ada orang yang menghargai dan mengangkat harkat saya'. Terim kasih ya Allah. Terimakasih Kepala Bappeda.

Kasus terakhir adalah seorang Doktor lulusan Perguruan Tinggi ternama di Perancis. Yang bersangkutan lulus dengan predikat cumlaude. Menjadi persoalan bagi dirinya dan sejumlah orang mengapa setiap melamar pekerjaan di sejumlah perusahaan besar selalu gagal. Pedahal nilai test knowledge dan skillnya di atas rata-rata.

Si doktor tadi baru mengetahui kelemahannya setelah test di perusahaan yang ke sekian dan memberi tahu apa sebabnya. Ternyata pada saat kuliah yang bersangkutan lalai dan tidak membeli karcis kereta. Ini tercatat dalam sebuah sistem, dan rekamannya dipergunakan oleh sejumlah perusahaan untuk melihat nilai minus si pelamar kerja.

Dari tiga kasus yang di ulas di atas bahwa membangun daya saing SDM harus membangun dan memiliki knowledge, skill dan attitude atau perilaku secara seimbang. Bila tidak memiliki knowledge dan skill, maka bangunlah dan asalah attitude, prilaku secara baik, karena itu merupakan sebuah modal dasar.

Baca juga: Di permukaan maupun di dasar idealnya sama
Baca juga: Surat biasa prangko kilat


Membangun attitude adalah sebuah proses panjang mulai pendidikan di rumah, lingkungan sekitar dan pendidikan formal. Di mulai sejak lahir sampai yang bersangkutan dinilai sudah mapan mempertahankan prilaku yang baik. Peran keluarga di rumah, pemerintahan terkecil seperti rukun tetangga dan rukun wilayah serta sistem pendidikan menjadi sangat penting.

Pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten kota mempunyai peran penting, karena daerahlah yang memiliki masyarakat. Karena itu proses Pilkada 2020 harus mampu melahirkan pemiumpin daerah yang kompeten merancang dan mengimplementasikan bagaimana melahirkan generasi yang berdaya saing yang memiliki kapasitas adaptif, inovatif dan update untuk mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045.

Peran masyarakat pemilik hak suara dan partai politik sebagai pemilik hak usung menjadi 'rahim' untuk melahirkan pimpinan daerah yang berkualitas. Semoga!
 
Dr Ir H Hasanuddin Atjo, MP, Ketua Ispikani Sulteng dan Ketua SCI Sulawesi. (ANTARA/HO-Dokumen pribadi)