Verna Inkiriwang-Yasin Mangun mendaftar di KPU Poso

id bakal paslon pilkada

Verna Inkiriwang-Yasin Mangun mendaftar di KPU Poso

Bakal paslon Verna Inkiriwang (kiri) dan Yasin Mangun (kanan) saat mendaftar di KPU Poso, Jumat. (ANTARA/Feri Timparosa).

Poso, Sulteng (ANTARA) - Bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Poso, Verna Inkiriwang dan Yasin Mangun secara resmi mendaftar di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Poso, Jumat.

"Setelah mendaftar, kami akan cek kelengkapan berkasnya, apakah sudah terpenuhi dokumen persyaratan atau belum," ujar Komisioner KPU Poso Wilianita di Poso, Jumat.

Pasangan Verna Inkiriwang-Yasin Mangun bersama pengurus partai politik pengusung dari gabungan Partai Hanura, PAN, Perindo dan Demokrat, serta para pendukung dan simpatisan berjalan kaki menuju Kantor KPU Poso, sekitar pukul 14.30 Wita.

Kedua kandidat dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 tersebut melakukan registrasi pendaftaran di depan pintu masuk Kantor KPU Poso dan selanjutnya ke ruangan untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen persyaratan pendaftaran.

Pada pendaftaran bakal paslon tersebut juga dihadiri anggota Bawaslu dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian setempat.

Sementara itu Polres Poso mengerahkan 113 personil untuk melakukan pengamanan pada hari pertama pendaftaran bakal pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Poso periode 2021-2026 di Kantor KPU Kabupaten Poso.

Kapolres Poso AKBP Darno SIK melalui Kabag Ops Polres Poso Kompol Nurhadi menjelaskan para personil polisi tersebut akan bertugas selama proses tahapan pendaftaran, selama tiga hari ke depan, mulai 4 hingga 6 September 2020.

“Anggota Polres Poso, yang diterjunkan khusus untuk tugas pengamanan selama berjalannya tahapan pendaftaran bapaslon di Kantor KPU Poso,” terangnya.

Aparat kepolisian juga memberlakukan satu pintu masuk halaman Kantor KPU Poso dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19, dan yang hanya diperbolehkan masuk ke Kantor KPU adalah pasangan bakal calon dan pengurus partai pendukung. Sedangkan para pendukung dan simpatisan menunggu di luar halaman Kantor KPU Poso.