Pariwisata Di Luwuk Masih Perlu Dikembangkan

id wisata

Pariwisata Di Luwuk Masih Perlu Dikembangkan

Teluk Lalong Waterfront (toilisentral.blogspot)

Potensi wisata Kota Luwuk cukup banyak, tetapi sebagian diantaranya belum dikelola secara profesional, karena itu perlu dikembangkan agar jadi daya tarik wisatawan
Manado,  (antarasulteng.com) - Sektor pariwisata  Kabupaten Luwuk Provinsi Sulawesi Tengah yang ada saat ini,  masih perlu dikembangkan lagi, sehingga lebih menarik wisatawan berkunjung.

 "Potensi wisata Kota Luwuk cukup banyak, tetapi sebagian diantaranya belum dikelola secara profesional, karena itu perlu dikembangkan agar jadi daya tarik wisatawan," kata Alex Tontey, petugas tempat wisata air terjun Salodik Luwuk, Sabtu.

Alex mengatakan, memang ada dana dari pemerintah daerah untuk pariwisata, namun jumlahnya masih sangat kecil tidak sebanding dengan  potensi sumber daya alam yang ada.

Dia mencontohkan tempat wisata air terjun Pilawiyanto (tempat peristirahatan) Salodik memiliki potensi yang cukup besar, dan saat ini sudah menjadi lokasi kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara.

"Ada banyak turis yang datang berkunjung di air terjun Pilawiyanto ini baik dari Eropa maupun Amerika," katanya.

Hendry salah satu pengunjung mengatakan bahwa keindahan alam di Luwuk sangat luar biasa.

"Alamnya sangat bagus, baik hutan, air terjun, pantai dan keanekaragaman masyarakat yang membuat lokasi ini masih harus dikembangkan lagi," kata Hendry.

Masih banyak lagi lokasi wisata alam potensial lainnya yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius oleh pemangku kepentingan.     
Deputi Kepala Perwakilan BI Sulawesi Tengah Donny Ananta, mengatakan potensi pariwisata serta perekonomian Luwuk  sedang berkembang dan perlu didorong agar lebih cepat.

Dia mengatakan, pelatihan wartawan ekonomi se-Sulawesi dilaksanakan di Luwuk mulai tanggal 16-18 Oktober 2015, salah satunya ingin membantu pengembangan pariwisata daerah ini melalui pemberitaan.

Dia mengatakan selain itu, BI ingin menunjukkan bahwa ada begitu banyak lokasi di Sulawesi yang sangat berpotensi tapi belum dieksplor.

Dia mengharapkan kegiatan ini mampu mengangkat keberadaan Luwuk yang saat ini sementara berkembang pesat.

Di Luwuk, katanya, selain memiliki potensi alam, wisata, tambang juga merupakan pintu masuk ke Sulawesi Tengah.

Peserta pelatihan wartawan ekonomi se-Sulawesi juga mengunjungi beberapa lokasi wisata lainnya.