50 persen pelajar di Morowali Utara diupayakan divaksinasi COVID-19

id Sulteng,Palu,Ppkm,Morut ,Morowali utara

50 persen pelajar di Morowali Utara  diupayakan divaksinasi COVID-19

Salah satu pelajar mengikuti vaksinasi COVID-19 dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 serentak yang diadakan Polres Morut bekerjasama dengan Staf Khusus Kepresidenan Republik Indonesia di Pondok Pesantren KH. Hasyim Asyar'i Desa Tiu, Kecamatan Petasia Barat, Senin (6/9/2021). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara, Sulteng (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah mengupayakan 50 persen dari target 12.744 pelajar pada jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti vaksinasi COVID-19.

"Kita menargetkan memvaksinasi 12.744 orang pelajar, dan realisasinya hingga saat ini baru 689 orang yang mengikuti vaksinasi dosis pertama dan 32 orang vaksinasi dosis kedua," kata Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi di Morowali Utara, Jumat.

Agar upaya vaksinasi kepada 50 persen pelajar SMP dan SMA di daerah itu tercapai, Pemkab Morowali Utara mengadakan kampanye vaksinasi COVID-19 bagi pelajar melalui even Gebyar Vaksinasi Pelajar 2021 pada akhir bulan September mendatang.

Iven tersebut melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Morowali Utara, aparat kepolisian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Pemerintah Provinsi Sulteng, lanjutnya, sudah menjanjikan menyiapkan 3.000 dosis vaksin untuk digunakan saat gebyar tersebut. Dengan dukungan vaksin itu, target 50 persen pelajar yang divaksinasi dapat tercapai.

"Saya meminta penyelenggara kegiatan agar meminta testimoni pelajar yang sudah mengikuti vaksinasi untuk memberikan kesaksian bahwa divaksin itu tidak ada risikonya sehingga pelajar yang belum divaksin tidak takut dan ragu," ujarnya.

dr. Delis mengingatkan dalam melaksanakan gebyar vaksinasi nanti, semua penyelenggara harus memperhatikan penerapan protokol kesehatan, ketersediaan vaksin dan melakukan pelayanan jemput bola khususnua di daerah-daerah yang sulit dijangkau.

Hingga 8 September 2021, realisasi vaksinasi di seluruh kecamatan di Kabupaten Morut sudah mencapai 23.520 orang untuk vaksinasi tahap pertama dan 15.675 orang untuk vaksinasi tahap kedua.