Warga di Kabupaten Sigi antusias salurkan hak pilih di TPS

id Pemungutan suara, TPS, KPUsigi, Sulteng, pemilu

Warga di Kabupaten Sigi antusias salurkan hak pilih di TPS

Antusias warga di desa Lolu, Kabupaten Sigi hadir di TPS menyalurkan hak suaranya, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Muhammad Hajiji

Sigi, Sulteng (ANTARA) -
Warga di Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah antusias menyalurkan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) yang telah disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten setempat.


 


Pantauan di TPS 001 Desa Lolu, Kabupaten Sigi, Rabu, sejak pukul 08.00 Wita, warga yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mulai mendatangi TPS untuk menyalurkan hak pilihnya.


 


Di TPS terdapat Kelompok Penyelenggara Pemunguatan Suara (KPPS), pengawas pemilihan dari Bawaslu, petugas pengamanan TPS. KPPS memberikan arahan kepada warga mengenai tata cara pemilihan khususnya tentang surat suara dinyatakan sah dan tidak sah.


 


KPPS menyampaikan bahwa surat suara dinyatakan sah, bila warga mencoblos di dalam kotak/kolom, dan tidak lebih dari satu calon. 


 


Surat suara juga dinyatakan sah, apabila warga mencoblos satu nama calon tertentu dengan logo partai politiknya untuk pemilihan legislatif. 


 


Di samping itu, KPPS juga melakukan pemeriksaan data pemilih. Di mana, setiap pemilih wajib membawa kembali surat pemberitahuan memilih disertai dengan KTP, untuk pencocokan data. 


 


Berdasarkan data KPU Sigi, jumlah pemilih di TPS 001 Desa Lolu berjumlah 253 orang yang terdiri dari 135 laki laki dan 118 perempuan. 


 


Sebanyak 253 orang tersebut, akan memilih calon legislatif tingkat DPRD Sigi, DPRD Provinsi Sulteng, DPR-RI, DPD, serta memilih presiden dan wakil presiden.


 


Sementara, jumlah total pemilih di Desa Lolu sebanyak 3.984 yang tersebar di 16 TPS desa tersebut.


 


DPT Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Sigi berjumlah 191.019 pemilih terdiri dari laki - laki 96.846 dan perempuan 94.173 pemilih, yang tersebar di 826 TPS, 176 desa se-Kabupaten Sigi.


 


Ketua KPU Kabupaten Sigi Soleman mengimbau warga agar menggunakan hak pilih dengan baik, dengan datang ke TPS untuk melakukan penyaluran hak pilih.


 


KPU Kabupaten Sigi menargetkan partisipasi pemilih pada pemilu 2024 mencapai 80 persen.