Penyandang disabilitas di Sulteng salurkan hak suara pemilu 2024

id Disabilitas, pemilu, sentra nipotove, difabel, pemilihan umum, Sulawesi Tengah

Penyandang disabilitas di Sulteng salurkan hak suara pemilu 2024

Seorang penyandang disabilitas di Sentra Nipotowe Palu, Sulawesi Tengah menyalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024, Rabu (14/2/2024). ANTARA/Kristina Natalia

Palu (ANTARA) -
Sejumlah penyandang disabilitas yang berada di Balai Sentra Nipotowe Palu, Sulawesi Tengah milik Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024, Rabu.


 


Kepala Sentra Nipotowe di Palu Yadi Muchtar mengatakan, ada empat penyandang disabilitas dan satu orang lansia yang ikut memberikan hak suara pada pemilu 2024.


 


"Dua orang merupakan penyandang disabilitas intelektual dan dalam proses pemungutan suara mereka diawasi oleh Panwaslu Kecamatan maupun pihak lainnya yang bertanggungjawab," ujarnya.


 


Yadi mengatakan, di Sentra Nipotowe Palu terdapat 20 orang dan sejumlah penghuni lainnya telah memenuhi syarat sebagai pemilih.


 


Hanya saja, sebagian mereka memilih untuk pulang dan menyalurkan hak suara ke daerah asal.


 


"Kami juga telah menyosialisasikan kepada penyandang disabilitas tentang tatacara memilih atau mencoblos supaya mereka paham," tuturnya.


 


Menurut Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) setempat Faradillah Harun, empat orang disabilitas dan satu lansia di Sentra Nipotowe merupakan pemilih yang masuk dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) atau pemilih yang pindah memilih.


 


"Pernah ada TPS khusus disabilitas di Sentra Nipotowe, tetapi kali ini tidak ada karena tidak ada permintaan khusus," ucapnya.