KPU Kota Palu pilih delapan TPS terbaik penyelenggaraan Pemilu 2024

id Iskandar Lembah, KPUpalu, TPS, kpps, PPS, PPK, pemilu, kotabpalu, Sulteng,KPU Kota Palu pilih delapan TPS terbaik,pilih

KPU Kota Palu pilih delapan TPS terbaik penyelenggaraan Pemilu 2024

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Palu Iskandar Lembah memberikan keterangan kepada sejumlah pewarta usai menyerahkan piagam penghargaan kepada delapan TPS terbaik penyelenggara Pemilu 2024 di Palu, Jumat (29/3/2024). ANTARA/Moh Ridwan

Palu (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Sulawesi Tengah memilih dan menobatkan delapan Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbaik penyelenggaraan Pemilu 2024 sebagai bentuk apresiasi kepada badan ad hoc.

 

"Penghargaan ini bentuk apresiasi KPU kepada penyelenggara di tingkat bawah karena telah mampu melaksanakan tugasnya dengan baik," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Palu Iskandar Lembah dalam kegiatan buka puasa bersama di Sekretariat KPU Palu, Jumat.

 

Ia menjelaskan penghargaan itu diberikan berdasarkan sejumlah kriteria penilaian diantaranya mampu meningkatkan angka partisipasi di TPS, kemudian kekompakan, keseragaman dan tidak ada pemungutan suara ulang (PSU) di TPS tersebut.

 

Masing-masing daerah pemilihan (dapil) dipilih dua TPS berprestasi, yang mana Kota Palu dalam penyelenggaraan pemilu memiliki empat dapil terdiri dari delapan kecamatan dan 46 kelurahan.

 

"Masing-masing dapil diambil TPS terbaik satu dan dua," ujarnya.

 

Ia mengemukakan semua TPS baik dalam penyelenggaraan, hanya saja pihaknya memilih yang paling terbaik, hal ini dilakukan guna memacu semangat penyelenggara pada pemilihan berikutnya, supaya kesalahan-kesalahan teknis dapat ditekan.

 

Meskipun terjadi PSU di sembilan TPS di Kota Palu namun pelaksanaan rekapitulasi hingga tingkat kota terlaksana dengan baik.

 

"Ke depan masih ada agenda pemilihan kepada daerah (pilkada), maka kesalahan-kesalahan teknis pada saat pemungutan suara hingga penghitungan dan rekapitulasi suara di tingkat TPS menjadi bahan evaluasi kami untuk diperbaiki," tutur Iskandar.