Pemprov Sulteng pastikan stok hewan kurban cukup jelang Idul Adha

id Pemprov Sulteng ,Stok hewan kurban Sulteng ,Sulawesi Tengah ,Idul Adha 1444 H

Pemprov Sulteng pastikan stok hewan kurban cukup jelang Idul Adha

Peternak menjual ternak sapinya di lapangan pinggir jalan, Kota Palu, Selasa (27/6/2023). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng) memastikan ketersediaan stok hewan kurban baik ternak sapi, kambing, maupun domba cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 


"Ketersediaan hewan kurban di Sulteng cukup memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Sulawesi Tengah Dandi Alfita di Palu, Kamis.


 


Ia mengatakan ketersediaan hewan kurban untuk Provinsi Sulteng menjelang Idul Adha 1445 Hijriah berdasarkan data Disbunnak Sulteng terbagi dalam tiga jenis ternak, yaitu sapi, kerbau, dan domba semua tersedia dan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat.


 


Berdasarkan data tersebut, jumlah ketersediaan hewan kurban secara total sebanyak 140.905 ekor, yang terdiri dari sapi sebanyak 28.247 ekor, kambing ada 109.812 ekor, dan domba sebanyak 2.846 ekor.


 


Menurut dia, jumlah ketersediaan itu dipenuhi dari peternak lokal dari 13 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tengah.


 


Sedangkan untuk kebutuhan ternak bagi pelaksanaan kurban tahun ini dari seluruh kabupaten dan kota, sebanyak 7.797 ekor yang terdiri 6.838 ekor sapi, dan 1.159 ekor kambing.


 


Menurut dia, pihaknya juga aktif dalam melakukan pemantauan dan pengawasan hewan ternak utamanya pada kondisi kesehatan hewan ternak di kandang milik peternak.


 


"Kami aktif melakukan pengawasan, dengan petugas teknis di lapangan aktif mengontrol hewan ternak itu sendiri, utamanya kondisinya dalam kandang sebelum dijual," ujarnya.


 


Ia menambahkan selain melakukan pemantauan hewan kurban sebelum dilakukan penyembelihan, pihaknya juga akan memantau saat penyembelihan hewan kurban.