Pemprov Sulteng jamin stok kebutuhan pokok aman

id Arief Latjuba

Pemprov Sulteng jamin stok kebutuhan pokok aman

Moh Arief Latjuba saat melakukan sidak ke pasar murah yang diadakan oleh Pemprov Sulteng (oto Antara/Anas Masa)

Kami jamin stok sembako dan kehutuhan lainnya cukup memadai
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemprov Sulawesi Tengah menjamin stok berbagai jenis bahan kebutuhan pokok untuk masyarakat di daerah itu cukup aman hingga Lebaran 2018.

"Kami jamin stok sembako dan kehutuhan lainnya cukup memadai," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Arief Latjuba di Palu, Senin.

Ia mengatakan stok bahan pokok, terutama pangan di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Sulteng saat ini cukup tersedia dalam jumlah memadai.

Para distributor selalu menjaga kontinyunitas pasokan sehingga stok di pasaran tetap tersedia dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menjelang ramadhan dan hari raya dipastikan permintaan masyarakat meningkat.

Karena itu, pemerintah daerah terus mengawasi perkembangan stok dan harga di tingkat pengecer.

Hingga kini, kata dia, harga komoditas pangan maupun kebutuhan lainnya di tingkat pengecer di pasar-pasar tradisional cukup stabil.

Tim satgas pangan, katanya, terus melakukan pemantauan dan pengawasan di lapangan untuk mencegah terjadinya tindakan menimbun stok dan menaikan harga secara sepihak.

Berdasarkan pantuan di sejumlah pasar tradisonal di Kota Palu, kata Arief, stok berbagai jenis bahan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, daging dan telur ayam relatif stabil.

Dia juga berharap Bulog Sulteng selaku BUMN yang mendapat penugasan pemerintah untuk menangani sejumlah komoditas pangan di daerah ini dapat melakukan intervensi pasar jika terjadi kenaikan harga pangan.

Karena Bulog saat ini tidak hanya menangangi beras, tetapi beberapa komoditas pangan lainnya, termasuk gula pasir, minyak goreng, bawang dan lainya.

Kepala Bidang Pengadaan dan OPP Perum Bulog Sulteng, pihaknya saat ini masih menguasai stok beras di gudang dalam jumlah memadai. Begitu pula dengan gula pasir dan minyak goreng di gudang Bulog cukup banyak, tanpa merincinya.

(T.BK03/)

(T.BK03/B/I006/I006) 23-04-2018 11:32:13