Pemprov Sulteng berhasil kendalikan harga bahan pokok

id latjuba

Pemprov Sulteng berhasil kendalikan harga bahan pokok

Moh Arief Latjuba ((oto Antara/Anas Masa)

Palu,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berhasil mengendalikan harga bahan kebutuhan pokok selama ramadhan hingga lebaran 2018 di daerah itu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng, Arief Latjuba di Palu, Sabtu mengatakan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi, harga pangan maupun kebutuhan lainnya di pasaran relatif stabil.

Pemprov Sulteng, kata dia, memberikan perhatian serius terhadap pasokan dan harga bahan pokok serta kebutuhan lainnya sehingga tersedia di pasar dalam jumlah memadai.

Meski selama puasa sampai lebaran permintaan masyarakat akan berbagai kebutuhan pokok meningkat sampai tiga kali lipat, namun karena stok cukup, maka tidak ada alasan bagi pedagang mempermainkan harga.

"Hanya telur ayam dan daging ayam yang sedikit mengalami kenaikan," kata Arief.

Sementara harga kebutuhan lainnya seperti beras, minyak goreng, gula pasir, mantega, tepung terigu rata-rata tidak mengalami kenaikan.

Harga komoditi-komoditi strategis itu cenderung bertahan.

Menurut dia, selain karena adanya perhatian pemerintah melalui semua instansi terkait, termasuk satga pangan cukup berperan penting dalam menjaga stabilisasi harga pangan, juga karena distributor menyiapkan stok dalam jumlah memadai.

Arief juga mengatakan saat ini kondisi pusat-pusat perbelanjaan di semua kabupaten/kota di Provinsi Sulteng, termasuk di Kota Palu sudah kembali normal.

Aktivitas jual-beli sudah kembali berjalan seperti biasanya.

Pasar-pasar tradisional sudah kembali dipadati warga untuk berbelanja berbagai keperluan sehari-hari.

Harga beras medium di pengecer dijual Rp9.450/kg dan beras premium Rp12.500/kg. Gula Pasir Rp12.500/kg, tepung terigu Rp8.000/kg dan daging sapi Rp110.000/kg.