Banggai miliki tiga festival promosikan potensi wisata

id Festival,Teluk Lalong,Wisata,Banggai,Luwuk

Bupati Banggai Herwin Yatim (depan) dan Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo. (www.sulteng.antaranews.com/Stevan Pontoh)

Kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan. Sebagai pencitraan lewat tebar pesona. Sehingga Kabupaten Banggai layak menjadi destinasi wisata tujuan di Indonesia
Luwuk (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, telah menggelar tiga kali festival untuk mempromosikan potensi wisata di daerah tersebut.

"Tiga festival itu yakni Festival Pesona Pulau Dua, Festival Gelora Pagimana, dan Festival Teluk Lalong," kata Bupati Banggai Herwin Yatim saat membuka kegiatan Festival Teluk Lalong di Kota Luwuk, Sabtu (7/7) malam.

Bupati Herwin menjelaskan Banggai memiliki berbagai potensi kekayaan alam dan budaya yang patut dilestarikan bersama. Untuk itu, sudah sewajibnya semua pihak untuk membuat kegiatan yang dapat membanggakan daerah melalui eksplorasi potensi wisata, seni dan budaya. 

Sehingga pada akhirnya dapat menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, untuk datang berkunjung ke daerah tersebut.

"Promosi penting dilaksaksanakan secara berkesinambungan," ujar Herwin.

Baca juga : Jalan nasional Palu-Luwuk mulus sebelum TDCC digelar

Menurut Bupati, para generasi muda harus lebih mengembangkan kreatifitas dalam mengembangkan potensi wisata Kabupaten Banggai. Kreatifitas itu khususnya di sektor budaya dan kuliner khas daerah.

"Pemkab Banggai selalu mendukung kegiatan positif untuk mengembangkan potensi wisata dan budaya daerah tanpa memandang perbedaan," tegas Bupati Herwin.

Selain itu, khusus pelaksanaan Festival Teluk Lalong, Bupati memberikan apresiasi yang besar bagi panitia pelaksana, karena dengan anggaran yang terbatas, panitia dapat memberikan penampilan yang luar biasa.

"Pada kunjungan saya ke beberapa daerah dan membandingkan kegiatan seperti ini, itu anggarannya melebihi satu miliar. Tapi saya bangga kepada panitia pelaksana Festival Teluk Lalong atas hasil malam ini, padahal anggaran yang digelontorkan hanya sekitar dua ratus juta," ungkap Bupati.

Meski anggaran kecil, namun Bupati Herwin menuturkan terdapat bantuan dari berbagai pihak, termasuk adanya kapal pengeruk laut yang digunakan sebagai panggung utama. 

Dukungan tari-tarian dari sanggar tari daerah, serta hiburan artis ibu kota yang disumbangkan pengusaha lokal di Banggai.

Baca juga : Wisata Banggai diperkenalkan pada Festival Teluk Lalong

Ketua panitia pelaksana Maryam Salad mengatakan tujuan pelaksaan festival tersebut yakni sebagai wujud dari visi misi pemerintah kabupaten Banggai dalam mengembangkan sektor pariwisata daerah yang dirangkaikan dengan HUT Kabupaten Banggai yang ke 58 tahun.

"Kegiatan ini akan dijadikan agenda rutin tahunan. Sebagai pencitraan lewat tebar pesona. Sehingga Kabupaten Banggai layak menjadi destinasi wisata tujuan di Indonesia," harap Maryam.

Sejumlah kegiatan yang dilaksanakan antara lain, karnaval budaya, lomba kuliner khas daerah, pasar apung, lomba mancing, lomba tangkap belut, lomba gateball, tarian daerah dan hiburan dari artis ibu kota.
***
Pewarta :
Editor: Adha Nadjemudin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar