STIMIK Adhi Guna latih teknologi informasi guru SMPN 19 Sigi (vidio)

id stimik adhiguna

STIMIK Adhi Guna latih teknologi informasi guru SMPN 19 Sigi (vidio)

Guru SMPN 19 Sigi dan Dosen STMIK Adhi Guna foto bersama sesuai pelatihan IT. (Foto Antara/Sukardi)

Palu (Antaranews Sulteng) - Sekolah Tinggi Menejemen Informatika dan Komputer (STMIK) Adhiguna di Palu menggelar pelatihan teknologi informasi (TI) untuk para guru sekolah menegah pertama (SMP) di Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah.

"Pekan lalu, kami melatih para guru SMP Negeri 19 Sigi, khusus aplikasi perkantoran," kata Ketua STMIK Adhi Guna Mus Aidah di Palu, Senin.

Pelatihan itu sebagai upaya peningkatan keterampilan guru dalam proses pembelajaran di laboratoium komputer, khususnya penguasaan aplikasi perkantoran, mulai word, excel hingga power point.
 
Salah satu dosen Anwar Panyili, M.Kom menuntun kepada salah satu guru SMPN 19 Sigi , terkait materi yang telah diberikan untuk di praktekan. (Foto Antara/Sukardi)


Para guru dihararkan mampu membuat perangkat pembelajaran kepada siswa dengan memanfaatkan perangkat komputer.

Penyampaian materi kata dia, didesain dengan cara sederhana dan mudah, sehingga para guru langsung melakukan praktek.

Mus mencontohkan selama ini, aplikasi word, hanya digunakan untuk mengetik dokumen saja, namun setelah pelatian para guru sudah dapat memanfaatkan fitur yang ada, misalnya membuat password dokumen, memuat halaman secara otomatis hingga perhitungan tabel.

Kemudian, pada pelatihan aplikasi excel, para guru terlihat sangat antusias atas materi yang disampaikan Anwar S Panyili. Karena selama ini pengolahan data nilai siswa, masih dilakukan manual.

Setelah pelatihan, diharapkan para guru dapat mengolah nilai menggunakan excel, bagaimana membuat rangking, penjumlahan hingga rata-rata nilai secara otomatis.
 
Salah satu dosen Bonita, M.Pd menuntun kepada salah satu guru SMPN 19 Sigi , terkait materi yang telah diberikan untuk di praktekan. (Foto Antara/Sukardi)


"Kami berharap, dengan pelatihan tersebut, para guru bisa memanfaatkan IT secara maksimal, mulai untuk menyiapkan perangkat pembelajaran sampai mengolah nilai, sehingga pekerjaanya dapat cepat terselesaikan, sekaligus bisa menularkan kepada siswa mereka," harap Mus Aidah.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPN 19 Sigi, Yuli Irdananto memberikan apresiasi yang sangat tinggi, bagi para dosen STMIK Adhi Guna yang telah memberikan pelatihan kepada guru SMPN 19 Sigi.

"Selama ini belum pernah ada pelatihan seperti ini, sehingga ini energi yang luar biasa bagi guru-guru kami, untuk bisa menggunakan IT dalam dalam membantu aktivitas sebagai guru," kata Yuli.