Satgas TMMD pacu pembangunan kantor tiga pilar di Parigi Moutong

id Tmmd, kodim 1306/donggal, Parigi moutong

Satgas TMMD pacu pembangunan kantor tiga pilar di Parigi Moutong

Proses pembangunan kantor tiga pilar di Desa Ogoalas, Kecamatan Tinombo, Parigi Moutong oleh TNI dan warga setempat pada program TMMD ke-106 yang digagas Kodim 1306/Donggal, Rabu (16/10/2019). (ANTARA/HO- Satgas TMMD)

Palu (ANTARA) - Satuan Tugas Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-106 Kodim 1306/Donggala di Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah terus memacu pembangunan kantor tiga pilar di desa sasaran.

Komandan Kodim 1306/Donggala Kolonel Inf Widaya Prasetyo, di Palu, Kamis mengatakan kegiatan pekerjaan fisik disejumlah desa sasaran saat ini terus menunjukan progres yang baik salah satunya pembangunan kantor tiga pilar di Desa Ogoalas, Kecamatan Tinombo.

"Kantor ini akan difungsikan sebagai tempat untuk penyelesaian ragam persoalan di desa dengan cara musyawarah dan mufakat, serta menjadi pos bagi Babinsa yang ditugaskan di wilayah itu," ungkap Widya.

Program TMMD yang diusung TNI-AD menyasar tiga desa di Kecamatan Tinombo yakni Desa Lombok, Patingke dan Ogoalas, dimana dua wilayah sasaran masih merupakan desa terisolir karena letaknya berada di puncak gunung Tinombo serta jauh dari pemukiman padat penduduk.

Selain itu, paparnya, kondisi medan menyulitkan akses menuju kedua desa tersebut, oleh karenanya masyarakat setempat saat berkativitas perdagangan hanya menggunakan kendaraan sepeda motor baik milik pribadi maupun ojek.

"Ini yang menyulitkan distribusi bahan baku dan material, namun kesulitan itu bisa teratasi berkat bantuan masyarakat setempat," ujar Widya.

Menurut dia, Desa yang masuk kategori tersulit dan terpencil tentu masih membutuhkan sarana dan parasarana pendukung desa, oleh karena itu TMMD hadir untuk memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. 

Pada kegiatan fisik TMMD, TNI bersama masyarakat setempat bergotong royong membangun infrastruktur desa diantaranya peningkatan badan jalan sepanjang lima kilometer di Desa Patingke, kemudian perintisan jalan sepanjang 800 kilometer di Desa Ogoalas termasuk pembangunan kantor tiga pilar dan pembangunan 28 jamban permanen di tiga desa sasaran. 

"Semua kegiatan fisik kami melibatkan masyarakat termasuk personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) Parigi Moutong guna mempermudah pekerjaan serta sebagai upayaenjalin keakraban dengan masyarakat setempat, " kata dia menambahkan. 

Pewarta :
Editor : Muhammad Hajiji
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar