Bacagub Sulteng Rusdi Mastura janji akan selesaikan masalah pascagempa

id NasDem

Bacagub Sulteng Rusdi Mastura janji akan selesaikan masalah pascagempa

Bakal calon gubernur Sulteng Rusdi Mastura. ANTARA/Muhammad Hajiji

Pertama kita akan selesaikan dampak bencana. Kita akan bersama-sama menghapus air mata pengungsi, lalu kita bikin jalan penghubung pantai barat pantai timur, kita jadikan Sulteng sebagai penyangga ibu kota,
Palu (ANTARA) - Bakal calon gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura berjanji akan menyelesaikan sejumlah masalah yang dihadapi penyintas pascabencana gempa, tsunami dan likuefaksi yang menimpa Kota Palu, Kabupaten Sigi, Donggala dan sebagian Parigi Moutong.

"Pertama kita akan selesaikan dampak bencana. Kita akan bersama-sama menghapus air mata pengungsi, lalu kita bikin jalan penghubung pantai barat pantai timur, kita jadikan Sulteng sebagai penyangga ibu kota," kata Rusdi Mastura di Palu, Rabu.

Rusdi Mastura merupakan politisi Partai NasDem yang berniat maju sebagai calon gubernur dari kalangan partai politik pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulteng tahun 2020.

Karena itu, ia mulai menyosialisasikan diri dan gagasannya untuk membangun Sulteng di masa kini dan akan datang.

Salah satu yang menjadi fokusnya jika terpilih sebagai gubernur ialah, menyelesaikan masalah pascabencana Sulteng.

Kemudian, membangun Sulteng sebagai pusat logistik seiring perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan.

Rusdi Mastura juga menyampaikan agenda penting Kerja Cepat dan Tuntas Dengan Kejujuran untuk Sulawesi Tengah.

"Tugas saya menyelesaikan masalah bencana dan membangun dasar menuju daerah penyangga ibu kota," sebut Rusdi Mastura yang merupakan mantan wali kota Palu dua periode.

Dalam menyelesaikan masalah pascabencana, sebut dia akan dilakukan dengan pendekatan reinventing dengan tujuan mengembalikan kehidupan masyarakat, yang dilaksanakan langsung oleh pemerintah daerah.

"Tugas kita menyelesaikan kebutuhan rumah, dan menyediakan lapangan kerja, mempercepat proses kehidupan sosial ekonomi secara normal," ujarnya.

Rusdi menegaskan, pendekatan reinventing goverment terhadap bencana harus ditempuh. Pemerintah daerah mengambil tanggung jawab memenuhi hak-hak dasar rakyat.

"Tidak mungkin kita jadi daerah penyangga ibu kota negara tanpa menyelesaikan dampak bencana. Kita tuntaskan dampak bencana dan kita bangun infrastruktur," katanya.

Rusdi Mastura mendapat dukungan penuh dari Wakil Ketua Umum DPP NasDem Ahmad M Ali. Ia mengaku majunya ia sebagai bakal calon berkat dukungan dan dorongan Ahmad M Ali.

Baca juga: Sulteng berpeluang menjadi produsen perikanan terbesar di timur Indonesia
Baca juga: Rusdi Mastura/Ma'mun Amir baru sebatas wacana