Seorang pria Venezuela ditembak mati saat kerusuhan krisis bahan pokok

id Pria Venezuela,Observatorium Konflik Sosial Venezuela,Ditembak mati

Seorang pria Venezuela ditembak mati saat kerusuhan krisis bahan pokok

Dokumen foto polisi Venezuela berupaya memadamkan api dari ban yang dibakar para demonstran. Kerusuhan di penjara di negeri rawan konflik itu dilaporkan menewaskan belasan orang, Rabu (26/4/2017). (Reuters)

Ciudad Guayana (ANTARA) - Seorang pria Venezuela ditembak mati pada Kamis saat masyarakat setempat, yang melakukan protes krisis makanan dan gas menjarah sejumlah toko di salah satu kota, menurut kelompok HAM.

Peristiwa itu terjadi saat frustrasi yang melonjak selama enam pekan karantina, yang memperburuk krisis ekonomi.

Observatorium Konflik Sosial Venezuela mencuit bahwa pria berusia 29 tahun ditembak dua kali di bagian kepala di Kota Upata, meski pihaknya tidak mengidentifkasi siapa penembaknya. Foto yang diunggah di media sosial menunjukkan seorang pria dengan celana pendek dan kaos tergeletak di jalanan berlumuran darah.

Kepala militer negara bagian Bolivar, Jenderal Adolfo Rodriguez, mengatakan otoritas menangkap 10 orang selama aksi kerusuhan, namun tidak menyebutkan adanya korban tewas. Kementerian Informasi Venezuela tidak menanggapi untuk dimintai komentar.

Anggota parlemen oposisi dan kelompok HAM mengatakan terjadi protes serupa di tempat lain di Venezuela pada Kamis, dari Kota Punta de Mata di timur hingga Pueblo Llano di Negara Bagian Merida.

Venezeula, yang merupakan anggota OPEC, mengalami krisis parah bahan bakar akibat hancurnya jaringan penyulingan setelah beberapa tahun kekurangan investasi dan perawatan, serta sanksi AS yang mempersulit pertukaran minyak mentah untuk bensin.

Jaringan transportasi yang dihentikan membatasi lebih jauh pasokan makanan untuk tempat-tempat seperti Upata. Karantina juga mempersulit keluarga miskin untuk keluar dan menemukan bahan pokok.

Venezuela mencatat 311 kasus COVID-19 dengan 10 kematian.

Sumber: Reuters