Peringati Hari Mencuci Tangan Sedunia, PKBI JMK OXFAM ajari anak-anak Donggala cara cuci tangan yang sehat

id PKBI JMK OXFAM,OXFAM,Sulteng,Sandi

Peringati Hari Mencuci Tangan Sedunia, PKBI JMK OXFAM ajari anak-anak Donggala cara cuci tangan yang sehat

Lead Recovery PKBI JMK OXFAM, Yospina Liku La’bi mengajari cara mencuci tangan sehat dalam rangka memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020 kepada anak–anak di Desa Ape Maliko, Kabupaten Donggala,Kamis (15/10). (ANTARA/HO-Humas PKBI JMK OXFAM).

Donggala (ANTARA) - Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) yang tergabung dalam konsorsium Jejaring Mitra Kemanusiaan (JMK) yang bermitra dengan lembaga donor internasional OXFAM memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020 dengan mengajari anak-anak di Desa Ape Maliko Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah cara mencuci tangan yang sehat, Kamis.



Lead Recovery Yospina Liku La’bi turun langsung bersama Human Resources PKBI Fajar Joko Santoso serta Officer Public Health Promotion (PHP) Water, Sanitation and hygiene (WASH) PKBI JMK OXFAM Ifon mengajari anak – anak di Desa Ape Maliko cara mencuci tangan yang bersih dan sehat mengunakan sabun melalui praktek langsung di sarana mencuci tangan yang disiapkan organisasi kemanusiaan  asal Inggris tersebut.



“PKBI JMK OXFAM melakukan praktek langsung dengan mengajari anak – anak cara mencuci tangan yang baik dan sehat. Kebetulan Desa Ape Maliko ini adalah salah satu desa dampingan kita pada program respon bencana yang terjadi 28 September tahun 2018 lalu,” ujar Yospina Liku La'bi.



Melalui praktek tersebut ia berharap anak–anak disana dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mengajari teman-teman dan anggota keluarganya.



"Sehingga gerakan mencuci tangan ini bisa menjadi kebiasaan dan akhirnya menjadi budaya di sana. Saat ini dunia dilanda pandemi COVID-19 sehingga membuat ruang gerak masyarakat menjadi terbatas. Nah, salah satu cara melawan COVID-19 dengan rajin mencuci tangan memakai sabun,"ujarnya.



Ia yakin masyarakat di Sulteng termasuk di Desa Ape Maliko dapat terhidar dari paparan COVID-19 jika rajin mencuci tangan menggunakan sabun, memakai masker dan menjaga jarak.




Officer PHP WASH Ifon mengajari cara mencuci tangan sehat dalam rangka memperingati Hari Mencuci Tangan Sedunia 2020 kepada anak–anak di Desa Ape Maliko, Kabupaten Donggala,Kamis (15/10). (ANTARA/HO-Humas PKBI JMK OXFAM).



Sementara Officer PHP WASH Ifon pada kesempatan itu juga menyampaikan bahwa Mari Mencuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap tanggal 15 Oktober sudah masuk dalam rencana PHP WASH dalam program respon bencana Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) 2018.



“Karena Desa Ape Maliko ini adalah salah satu desa dampingan PKBI JMK OXFAM, maka tahun ini kita buat kegiatan di desa ini dengan mengajari anak – anak cara mencuci tangan yang baik dan sehat dengan menggunakan sabun,” terang Ifon.



Ia juga berharap gerakan mencuci tangan sehat dengan menggunakan sabun bisa menjadi kebiasaan utamanya anak–anak yang telah diajari PKBI JMK OXFAM serta dapat mengajarkannya lagi kepada teman – teman sebayanya yang lain sehingga gerakan mencuci tangan menjadi kebiasaan sehari–hari yang terasa ganjal jika ditinggalkan.