Bupati Morowali Utara hadiri pembukaan Festival Danau Poso

id Festival Danau Poso

Bupati Morowali Utara hadiri pembukaan Festival Danau Poso

Bupati Morut Delis Julkarson Hehi dan istri Febriyanthi Hongkiriwang, menghadiri acara pembukaan Festival Danau Poso (FDP) di kompleks FDP Tentena, tepian Danau Poso, Selasa (10/10) malam. ANTARA/HO-MCDD

Tentena, Sulteng (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut) Delis Julkarson Hehi dan istri Febriyanthi Hongkiriwang, menghadiri acara pembukaan Festival Danau Poso (FDP) di kompleks FDP Tentena, tepian Danau Poso, Selasa (10/10) malam.

Pembukaan FDP 2023 dibuka Staf Ahli Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi Kemenparekraf Raden Kurleni Ukar, bersama Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudy Dewanto mewakili Gubernur Sulteng, serta Bupati, Wakil Bupati se Sulteng juga Walikota Palu.

Mereka juga berkeliling menyaksikan pameran potensi wisata dan investasi serta produk-produk seni dan budaya Poso dan beberapa daerah dari kabupaten lainnya, juga menyempatkan berbelanja produk produk yang dipamerkan. 

Rangkaian pembukaan FDP 2023 diawali dengan tarian kolosal etnis Pamona Poso, kemudian karnaval dari warga di beberapa Kecamatan di sekitar wilayah pesisir Danau Poso, pesta kembang api dan penampilan tarian etnis dari 12 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Sulawesi Tengah. 

Tema Festival Danau Poso tahun 2023 ialah "Pesona Pesta Rakyat Padungku". Padungku merupakan pesta adat yang biasa dilakukan masyarakat Poso untuk mengucapkan syukur atas panen.