KPU Kabupaten Sigi tingkatkan kapasitas KPPS Pemilu

id kpps sigi,kpu sigi,kpu,pemilu 2024,tps sigi,anhar lasingki

KPU Kabupaten Sigi tingkatkan kapasitas KPPS Pemilu

Anggota KPU Kabupaten Sigi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anhar Lasingki, di Sigi, Kamis (11/1/2024) (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, meningkatkan kapasitas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas di tempat pemungutan suara (TPS) pada pemungutan suara pemilihan umum 2024.

Anggota KPU Kabupaten Sigi Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Anhar Lasingki, di Sigi, Kamis, mengemukakan bahwa peningkatan kapasitas penting dilakukan agar KPPS dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik dalam pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS.

"Peningkatan kapasitas ini dilakukan melalui bimbingan teknis," ujar Anhar.

Peningkatan kapasitas KPPS, kata dia, seiring dengan KPU Sigi telah merekrut 5.782 KPPS dan 1.652 petugas keamanan TPS. KPPS dan petugas keamanan akan bertugas di 826 TPS se-Kabupaten Sigi.

Anhar menerangkan dalam bimbingan teknik (bimtek) peningkatan kapasitas, KKPS akan dibekali mengenai tata cara pelaksanaan pemungutan suara, penghitungan suara, penyediaan logistik dan alat kelengkapan lainnya.

Ia mengatakan bahwa KPPS merupakan ujung tombak penyelenggaraan pemilu yang diharapkan dapat bekerja dengan baik untuk meningkatkan kualitas pemilihan umum 2024.

"Partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pemilihan umum, khususnya sebagai KPPS merupakan satu wujud kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas demokrasi," ujarnya.

Dia mengatakan terhitung mulai tanggal 11 Januari 2024, tersisa 33 hari menuju pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum pada tanggal 14 Februari 2024.

"Mari kita bersama-sama menyukseskan jalannya pemilihan umum 2024 secara adil, jujur, berintegritas dan berkualitas," ujarnya.

Anhar juga mengajak semua komponen dan elemen masyarakat di Kabupaten Sigi agar bersama-sama menjaga keamanan, sehingga pemilu dapat berlangsung dengan baik.