Gubernur Sulteng minta Pemkot Palu maksimalkan pengembangan komoditi anggur

id Gubernur Sulteng ,Pemprov Sulteng ,Pemkot Palu ,Pengembangan komoditi anggur,Sulteng

Gubernur Sulteng minta Pemkot Palu maksimalkan pengembangan komoditi anggur

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura menerima kunjungan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid bersama Sekda Kota Palu Irmayanti di Kantor Gubernur Sulteng, Jumat (26/1/2024). (ANTARA/HO-Humas Pemkot Palu)

Palu (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura meminta Pemerintah Kota Palu memaksimalkan pengembangan komoditi anggur di wilayah setempat.
 
"Pengembangan tanaman anggur di wilayah Kota Palu perlu untuk semakin dimaksimalkan," kata Rusdy Mastura saat menerima kunjungan Wali Kota Palu Hadianto Rasyid di Palu, Jumat.
 
Gubernur mengatakan potensi pengembangan komoditi anggur di wilayah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala sangat strategis untuk dibudidayakan.
 
Pemprov Sulteng, kata dia, siap untuk memberikan dukungan terkait upaya-upaya yang dilakukan Pemkot Palu dalam memajukan daerah itu, salah satunya dalam pengembangan komoditi anggur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
"Kami dari pemerintah provinsi siap membantu apa yang menjadi perhatian dari Kota Palu," ujar Mastura.
 
Dia berharap warga Kelurahan Duyu yang saat ini membudidayakan tanaman anggur dan menjadi salah satu daerah penghasil anggur di kota itu dapat dikembangkan menjadi daerah sentra anggur.
 
Sementara itu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid yang menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Sulteng yang memberikan respon baik dan upaya dalam membantu Pemkot Palu.
 
"Pengembangan komoditi anggur menjadi hal yang bagus dan tentunya bukan hanya pengembangan di wilayah Kelurahan Duyu," kata dia.
 
Menurut dia, hampir semua wilayah Kota Palu memiliki potensi untuk pengembangan anggur dan hal tersebut menjadi perhatian besar oleh pihaknya.
 
Pemkot Palu juga telah mengirimkan dua orang petani anggur dari Kelompok Petani Anggur Duyu Bangkit ke Korea Selatan guna meningkatkan kemampuan petani dalam pengelolaan budidaya anggur.
 
Dia mengatakan dengan upaya tersebut, para petani kemudian mengimplementasikan atau menerapkan praktek - praktek pengelolaan budidaya anggur yang dipelajarinya agar tanaman anggur di Kota Palu menjadi lebih berkualitas.