Pratinjau Indonesia vs Vietnam: coba ulangi sukses di Piala Asia

id Timnas Indonesia,Timnas Vietnam,Kualifikasi Piala Dunia 2026,Shin Tae yong,Sandy Walsh,Philippe Troussier

Pratinjau Indonesia vs Vietnam: coba ulangi sukses di Piala Asia

Sejumlah pemain Timnas Indonesia menjalani latihan di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Timnas Indonesia menggelar latihan jelang bertanding melawan Vietnam dalam laga lanjutan Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Kamis (21/3/2024). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wpa.

Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia akan menghadapi Timnas Vietnam pada pertandingan ketiga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde kedua di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis malam.
 
Vietnam tentu bukan merupakan kekuatan asing bagi Indonesia karena kedua kesebelasan berada dalam satu area yang sama sehingga kerap jumpa satu sama lain.

Diprediksi Vietnam dan Indonesia akan bersaing memperebutkan tempat kedua pada klasemen akhir Grup F agar dapat lolos ke ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menjelang pertandingan ini tentu publik sepak bola tanah air berharap skuad asuhan Shin Tae-yong dapat mengamankan kemenangan atas Vietnam.

Skuad Garuda jelang pertandingan ini memiliki modal bagus kontra pasukan Phillipe Troussier setelah pada Januari lalu mampu mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0 pada ajang Piala Asia 2023.
 
Lanjutkan sukses Piala Asia 2023

Pada ajang Piala Asia 2023, Indonesia mengakhiri tren negatif mereka ketika bertemu Vietnam setelah mengalahkan Filip Nguyen serta kolega dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan Indonesia tersebut hadir berkat gol penalti semata wayang yang dicetak oleh Asnawi Mangkualam. Torehan tiga poin itu juga turut mengantarkan Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia untuk pertama kalinya.

Memiliki materi yang tak jauh berbeda dengan Piala Asia 2023, Indonesia semestinya dapat mengulangi sukses pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 kali ini.

Selain itu, skuad asuhan Shin Tae-yong juga kini mendapatkan tambahan tenaga dengan kehadiran beberapa pemain keturunan yang berkompetisi di Eropa seperti Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen hingga Thom Haye.

Misi untuk mengamankan empat poin bahkan enam poin ketika dua kali berjumpa Vietnam pada periode FIFA Match day kali ini bisa jadi bukan hanya angan belaka.
Percantik rekor kontra Vietnam


Indonesia kini dituntut untuk mengamankan kemenangan ketika berjumpa Vietnam, namun dalam lima rekor pertemuan terakhir kedua tim, Indonesia dapat dibilang kalah gemilang.

Pada lima pertemuan terakhir antara kedua tim, Indonesia tercatat hanya bisa mengamankan satu kemenangan, menahan imbang dua kali serta dipaksa menelan dua kekalahan.

Shin Tae-yong tentu memiliki keinginan untuk membuat Indonesia terus unggul dibanding Vietnam, terlebih pada Piala Asia lalu ia bisa menorehkan kemenangan perdana kontra The Golden Star.

Sebelumnya selama di bawah kendali Shin Tae-yong, Indonesia tercatat telah bertemu empat kali dengan Vietnam dan mencatatkan masing-masing dua hasil imbang serta dua kekalahan.

Secara keseluruhan, Indonesia sudah bertemu 29 kali dengan Vietnam dan Garuda unggul dengan sembilan kemenangan, 11 laga berakhir imbang sedangkan delapan pertandingan lainnya menjadi milik Vietnam.

Berikut lima pertemuan terakhir Indonesia kontra Vietnam:

(19/1/2024) Vietnam 0 - 1 Indonesia (Piala Asia 2023)

(9/1/2023) Vietnam 2 - 0 Indonesia (Piala AFF 2022)

(6/1/2023) Indonesia 0 - 0 Vietnam (Piala AFF 2022)

(15/12/2021) Indonesia vs Vietnam 0 - 0 (Piala AFF 2020)

(7/6/2021) Vietnam 4 - 0 Indonesia 4 - 0 (Kualifikasi Piala Dunia 2022)
Komentar pelatih dan pemain

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menjelaskan jika skuadnya telah melalukan persiapan semaksimal mungkin dan ada beberapa pemain yang dibekap cedera.

Meskipun begitu, dirinya yakin jika pemain-pemain yang ada saat ini sudah bekerja keras dan ia yakin mereka akan menunjukkan yang terbaik untuk pertandingan nanti.

"Memang ada beberapa pemain baru, dan setelah datang ke Indonesia mereka merasa lingkungannya berbeda jadi pasti situasi ini tidak mudah untuk mereka adaptasi," ungkap Shin Tae-yong.

"Namun, saya percaya pada pemain-pemain tersebut, pagi ini juga kami sudah meeting dan mereka sedang berusaha agar bisa adaptasi dengan baik di lingkungan ini," sambung dia.

"Saya tidak bisa bicara banyak karena saya belum pernah lihat langsung mereka main dengan Timnas Indonesia. Tentu akan jadi sulit di pertandingan pertama, tetapi saya yakin adaptasi bisa membantu mereka (menyesuaikan diri) dengan baik," pungkasnya.

Sementara itu pemain bertahan Timnas Indonesia Sandy Walsh mengatakan jika pertandingan nanti adalah hal yang sangat penting dan persiapan mereka berjalan baik.

"Meskipun kami kehilangan beberapa pemain inti, akan tetapi kami berada dalam kondisi baik. Kami juga momentum baik dari Piala Asia jadi saya pikir kami ingin melanjutkan momentum ini dan menunjukkan performa maksimal," tegas Sandy.

Di sisi lain, pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier menilai timnya kurang beruntung ketika takluk dari Indonesia pada gelaran Piala Asia 2023 lalu.

Lebih lanjut, Troussier menjelang jika mereka akan berjuang habis-habisan pada pertandingan nanti untuk menjaga asa lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Sifat pertandingan nanti sangat penting, karena ini adalah salah satu pertandingan yang menentukan tujuan untuk melanjutkan ke babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026. Setiap tim di grup ini memiliki 4 pertandingan tersisa, di Itu 2 pertandingan di bulan Maret adalah engselnya," ungkap Troussier.
Kekuatan kedua tim

Pada pertandingan nanti, Indonesia tak bisa menurunkan formasi persis seperti ketika berhadapan pada ajang Piala Asia 2023, karena terdapat beberapa pemain yang tak dapat diturunkan.

Bek berpengalaman Jordi Amat dam kiper muda Ernando Ari masih dibekap cedera, sedangkan bek sayap Asnawi Mangkualam tak bisa ambil bagian karena akumulasi kartu kuning.

Diperkirakan posisi penjaga gawang akan diisi pemain senior Nadeo Argawinata, sedangkan tiga bek tengah ditempati Sandy Walsh, Jay Idzes dan Rizky Ridho.

Memasuki lini tengah, duet bek sayap dipercayakan kepada Yakob Sayuri serta Pratama Arhan, sedangkan dua gelandang ditempati Justin Hubner serta Ivar Jenner.

Posisi trisula lini depan diperkirakan akan diisi oleh Witan Sulaeman dan Marselino Ferdinan pada penyerang sayap, untuk menopang ujung tombak Rafael Struick.

Di sisi lain, Vietnam diprediksi akan menggunakan formasi 3-5-2, sedikit berbeda dibandingkan Piala Asia dengan 3-4-1-2 serta beberapa pemain berbeda.

Posisi penjaga gawang akan diisi oleh Filip Nguyen, sedangkan tiga bek tengah dihuni trio Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh dan Nguyen Thanh Chung.

Pada sisi sayap ditempati Vo Minh Trong dan Vu Van Thanh, sementara posisi gelandang diisi Do Hung Dung, Nguyen Thai Son dan Nguyen Hoang Duc.

Sementara itu duet penyerang Vietnam akan ditempati oleh pemain muda Nguyen Dinh Bac, ditemani pemain matang Nguyen Tien Linh.

Prediksi susunan pemain Indonesia vs Vietnam:

Indonesia (3-4-3): Nadeo Argawinata; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Sandy Walsh, Justin Hubner, Ivar Jenner, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Rafael Struick, Marselino Ferdinan.

Vietnam (3-5-2): Filip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Chung; Vo Minh Trong, Do Hung Dung, Nguyen Thai Son, Nguyen Hoang Duc, Vu Van Thanh; Nguyen Dinh Bac, Nguyen Tien Linh.