Kemenag Sulteng tingkatkan pelayanan pengurusan haji

id kemenag

Kemenag Sulteng tingkatkan pelayanan pengurusan haji

Kakanwil Kemenag Sulteng yang baru Rusman Langke (Antaranews Sulteng/kemenag.go.id)

Alhamdulillah pada musim haji 2018 kita telah melaksanakan pelayanan dengan baik
Palu,  (Antaranews Sulteng) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tengah (Sulteng), terus meningkatkan pelayanan untuk kemudahan pendaftaran dan keberangkatan haji di daerah tersebut.

"Alhamdulillah pada musim haji 2018 kita telah melaksanakan pelayanan dengan baik," ucap Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, di Palu, Rabu.

Ia menguraikan salah satu bentuk kemudahan pelayanan haji yakni, pendaftaran dan pengurusan dokumen haji tidak lagi tersentral di Kanwil Kemenag Sulteng.

Melainkan, sebutnya calon jamaah haji dapat mengurus di Kemenag tingkat kabupaten/kota se-Sulteng. Sehingga langsung terlayani di daerah masing-masing.

"Hal ini dengan pertimbangan bahwa Sulteng terdiri dari 13 kabupaten/kota, yang banyak pulau. Karena itu butuh kemudahan ?pelayanan dan cepat, kalau tersentral di Kanwil tentu ini menyulitkan," sebut Rusman.

Ia menambahkan pelayanan ini telah berlangsung sejak beberapa tahun terakhir. Kemudian, terkait dengan pengurus dokumen untuk pemberangkatan haji.

Kanwil Kemenag Sulteng telah membangun komunikasi dan kerjasama dengan pihak imigrasi untuk pembuatan paspor. Bahkan pihak imigrasi mengunjungi langsung kabupaten/kota.

"Alhamdulillah pihak yang berwenang terhadap paspor memiliki program tentang paspor mobile, sehingga mereka turun langsung ke masyarakat di kabupaten/kota untuk pembuatan paspor pemberangkatan haji," jelasnya.

Dia menekankan kepada bawahannya untuk tetap meningkatkan kinerja, meningkatkan kecepatan dalam pelayanan utamanya haji terkait dengan dokumen-dokuemn.

"Kita harus tingkatkan speed kita, karena semua daerah di Indonesia mendapat kuota ribuan jamaah haji. Kita di Sulteng juga ribuan. Karena itu ketika pemberangkatan kita di bidang haji siang dan malam bekerja mengurus dokumen dan berkas keberangkatan jamaah," ujar dia.

Rusman Langke memaparkan tentang kondisi pelayanan dan target capaian Haji oleh Kanwil kemenag Sulteng dihadapan Direktur Bina Haji Khoirizi pada ?Jamarah (Jagong Masalah Umroh dan Haji) di Wisma Haji Palu, Selasa.

Kegiatan ini diikuti seluruh kepala Kanwil Kemenag kabupaten/kota, pemerintah daerah, seluruh KUA, PPIH, dan mahasiswa, serta tokoh agama, pemuda termasuk organisasi keagamaan.

Baca juga: Kemenag prediksi jamaah umroh 2019 meningkat
Baca juga: Kemenag tambah 1.000 pembina manasik haji