Bupati Buol minta warga menyesuaikan gaya hidup di masa pandemi

id Pemkab Buol,Bupati Buol,Amirudin Rauf,Covid,Buol

Bupati Buol  minta warga menyesuaikan gaya hidup di masa pandemi

Bupati Buol Amirudin Rauf (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf meminta warga di daerah itu untuk melakukan penyesuaian gaya hidup di era pandemi COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Pandemi COVID-19, kita perlu memperhatikan gaya hidup kita yang sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah COVID-19," ucap Amirudin Rauf di Buol, Sabtu.

Amirudin Rauf mengemukakan warga harus mencuci tangan secara rutin menggunakan sabun cair atau cairan pembersih tangan dengan berbahan alkohol. Kemudian menjaga jarak aman dengan orang yang batuk atau bersin, memakai masker setiap saat.

Selanjutnya, jangan sentuh mata, hidung atau mulut. Saat batuk atau bersin tutup mulut dan hidung dengan lengan atau tisu, serta menerapkan 'social distancing'.

Ia mengatakan pemerintah terus berupa meningkatkan kebutuhan pangan di masa pendemi COVID-19 dengan cara mengelola hasil-hasil pangan lokal.

"Hal ini agar supaya dapat menopang ekonomi masyarakat," ungkap Bupati.

Bupati Buol juga menyampaikan upaya-upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Buol guna menekan penyebaran COVID-19 seperti melaksanakan sosialisasi di pasar, toko dan sekolah-sekolah hingga memberikan sanksi bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker saat keluar rumah.

Saat ini pemerintah bersama perusahaan farmasi dan berbagai institusi kesehatan kini tengah mengembangkan dan meneliti vaksin COVID-19, setelah melalui uji klinis dan dinyatakan efektif serta aman diberikan kepada manusia.