Pemprov Sulteng optimalkan peran forum anak lindungi anak dari narkoba

id ihsan basir,kepala dp3a sulteng,narkoba,narkotika,bnnpr sulteng,anak sulteng,forum anak

Pemprov Sulteng  optimalkan peran forum anak lindungi anak dari narkoba

Kepala DP3A Sulteng Ihsan Basir memakaikan masker pada seorang anak penyintas bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi di Palu. (ANTARA/HO-DP3A SULTENG)

Palu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah berupaya mengoptimalkan peran forum anak di daerah itu sebagai salah satu upaya melindungi anak dari bahaya narkoba.

"Dengan memberikan edukasi kepada anak-anak tentang bahaya narkoba melalui peran forum anak," ucap Kepala DP3A Provinsi Sulteng Ihsan Basir di Palu, Sabtu.

Basir mengatakan forum anak merupakan wadah partisipasi bagi anak yang bisa menjadi tempat edukasi dan saling berbagi pengalaman antara anak yang satu dengan yang lainnya.



Melalui wadah partisipasi anak tersebut, ujar Ihsan, anak-anak diharapkan bisa saling mengajak kepada kebaikan, saling melarang dan mengingatkan untuk tidak melakukan hal-hal yang tidak baik.

"DP3A dengan para mitranya juga berperan langsung lewat forum anak tersebut, untuk memberikan edukasi kepada anak-anak melalui wadah partisipasi anak, yaitu forum anak yang tersebar dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi," kata Ihsan Basir.

Selain itu, katanya, DP3A Sulteng juga memberi ruang bagi forum anak provinsi untuk bisa menyebarkan "perang" terhadap narkoba melalui podcast anak yang akan diwujudkan tahun 2021.

"Insya Allah kita wujudkan di tahun 2021 untuk poadcast anak," sebut Ihsan.

Selain itu, ujar dia, DP3A Provinsi Sulteng dengan para mitra sedang menginisiasi program edukasi kepada keluarga dengan rencana membentuk pusat pembelajaran keluarga (Puspaga), yang berada di tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

"Puspaga juga menjadi wadah partisipasi para orang tua sekaligus wadah edukasi untuk meningkatkan peran dan kewaspadaan orang tua dalam melindungi anak dari bahaya narkoba," ujarnya.



Ia menambahkan Kemen PPPA pada prinsipnya telah bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam melakukan pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba pada anak. Upaya ini diwujudkan melalui kesepakatan bersama dan penyampaian bahan komunikasi, informasi dan edukasi (KIE).