Dortmund bantu Bayern pastikan gelar juara seusai bekuk Leipzig 3-2

id liga jerman,dortmund,leipzig,jadon sancho,marco reus,dani olmo,lukas klostermann

Dortmund bantu Bayern pastikan gelar juara seusai bekuk Leipzig 3-2

Penyerang sayap Borussia Dortmund Jadon Sancho (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol penentu kemenangan atas RB Leipzig dalam lanjutan Liga Jerman di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, Sabtu (8/5/2021). (ANTARA/REUTERS/POOL/Martin Meissner)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund membantu Bayern Muenchen memastikan gelar juara Liga Jerman musim ini, seusai membekuk RB Leipzig 3-2 dalam laga pekan ke-32 di Stadion Signal Iduna Park, Sabtu.

Hasil itu membuat Leipzig yang berada di posisi kedua gagal menambah raihan 64 poin milik mereka, sehingga Bayern yang baru main dalam laga lebih larut sudah dipastikan juara sebab keunggulan tujuh poin sudah dipastikan tidak terkejar.

Sedangkan bagi Dortmund, kemenangan kelima beruntun ini membuat mereka sementara naik ke peringkat keempat dengan koleksi 58 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Kendati demikian, posisi Dortmund belum sepenuhnya aman sebab Eintracht Frankfurt (55) baru akan main pada Minggu (9/5) di markas tim pesaing degradasi FSV Mainz.

Dortmund yang tiba dengan ambisi memelihara peluang tampil di Liga Champions musim depan, langsung menggebrak dan membuka keunggulan atas Leipzig saat laga baru berusia tujuh menit lewat gol Marco Reus.

Sang kapten tenang menyelesaikan umpan kiriman Thorgan Hazard dengan tembakan kaki kiri kerasnya yang melesakkan bola ke langit-langit gawang tim tamu.

Dortmund terus memegang kendali permainan, tetapi sayang sejumlah percobaan mereka belum membuahkan hasil lagi termasuk tembakan sudut sempit Hazard yang bisa ditepis kiper Peter Gulacsi.

Leipzig baru bisa sedikit keluar dari tekanan pada menit ke-38 lewat tembakan jarak jauh Marcel Sabitzer, tetapi kiper Marwin Hitz masih bisa membaca arah bola dan mengamankan gawangnya.

Skor 1-0 bertahan hingga turun minum dan Leipzig membuka babak kedua dengan nyaris menyamakan kedudukan, jika saja tembakan Sabitzer tak dimentahkan oleh Hitz.

Namun, Dortmund justru berhasil menggandakan keunggulannya pada menit ke-51 saat umpan Raphael Guerreiro diselesaikan dengan baik oleh Jadon Sancho demi membuat kedudukan jadi 2-0 atas Leipzig.

Leipzig berusaha keras untuk bangkit dan pada menit ke-63 jibaku mereka akhirnya membuahkan hasil ketika Lukas Klostermann mampu menyambut umpan sepak pojok Emil Forsberg demi menjebol gawang Dortmund.

Lantas pada menit ke-77 Leipzig membuat kedudukan jadi imbang melalui tembakan Dani Olmo menyelesaikan umpan Hwang Hee-chan demi membuat skor jadi 2-2.

Dua menit kemudian, Leipzig hampir berbalik memimpin sayang tembakan jarak jauh Amadou Haidara bisa diamankan oleh Hitz.

Pertandingan terus berlangsung terbuka dalam 10 menit terakhir dan pada menit ke-87 Sancho menyontek umpan Guerreiro demi mencetak gol keduanya sekaligus membuat Dortmund unggul lagi atas Leipzig.

Leipzig berusaha memberi balasan instan, sayang tembakan jarak jauh Olmo terlalu dekat dengan jangkauan Hitz.

Pada menit kedua injury time, Leipzig memperoleh peluang pemungkas kala Marcel Halstenberg mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti, tetapi tembakan Olmo melambung di atas sasaran, sehingga Dortmund keluar sebagai pemenang.

Pertandingan pekan ke-33 Liga Jerman dijadwalkan berlangsung serempak pada Minggu (16/5) pekan depan saat Dortmund melawat ke markas FSV Mainz dan Leipzig menjamu VfL Wolfsburg.

Namun, tiga hari sebelumnya Dortmund dan Leipzig kembali bertemu satu sama lain dalam final Piala DFB Pokal di Olympiastadion.

 
Pewarta :
Uploader : Sukardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar