Bupati Buol minta investasi tingkatkan kesejahteraan warga

id pemkab buol,bupati buol,amirudin rauf,investasi buol,pt hip

Bupati Buol  minta investasi tingkatkan kesejahteraan warga

Foto bersama buruh PT HIP dengan Bupati Buol Amirudin Rauf di Buol, Minggu (26/12/2021). (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah, Amirudin Rauf meminta investasi yang masuk ke daerah di berbagai sektor harus memberikan dampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya mendukung investasi, asalkan tujuannya adalah untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Amirudin Rauf, di Buol, Minggu.

Buol menjadi salah satu kabupaten di Sulawesi Tengah yang potensial dan pengembangan investasi, salah satu investasi terbesar di Kabupaten Buol adalah PT Hardaya Inti Plantations (HIP) yang bergerak pada sektor perkebunan sawit.

Amirudin Rauf menegaskan dirinya tidak pernah berencana atau menghambat proses pengembangan investasi PT HIP di Buol. Sebaliknya pemerintah daerah mendukung investasi itu dengan tujuan pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan, serta berdampak pada peningkatan fiskal daerah.

"Sebagai kepala daerah, tidak masuk akal, saya 'menggulingkan' perusahaan yang ada di wilayah Buol. Saya tidak anti investasi.Sebagai kepala daerah saya bertanggung jawab terhadap semua masalah yang terjadi di masyarakat, terkecuali masalah hubungan produksi antara buruh dan perusahaan," katanya.

Bupati Amirudin Rauf juga mengemukakan bahwa perusahaan yang berinvestasi di Buol, juga berkewajiban menjalankan dan menaati seluruh ketentuan perundang-undangan terkait dengan investasi, kesejahteraan karyawan/pekerja, serta tanggung jawab sosial.

"Jika ada masalah upah tidak di bayar, hak-hak buruh/karyawan tidak dipenuhi, dan perusahaan melakukan PHK sepihak. Sebagai pemerintah saya akan membantu memperjuangkan hak-hak masyarakat saya sampai dipenuhi," ujarnya.

Di negeri ini, tidak boleh mayoritas orang dieksploitasi oleh sekelompok orang, tidak boleh ada rakyat yang dikuras oleh sekelompok orang.

"Sebab, jika rakyat saya dikorbankan, dan kalau itu ada yang hendak mengeksploitasi rakyat, siapapun dia akan saya lawan. Hubungan buruh dengan perusahaan adalah hubungan untung rugi, tapi hubungan buruh dan pemerintah adalah hubungan anak dan orang tua," ujar Bupati Amirudin Rauf.
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022