Bupati Morut akan lantik 45 Kades hasil Pilkades serentak mulai pekan depan

id Morut

Bupati Morut akan lantik 45 Kades hasil Pilkades serentak mulai pekan depan

Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Penyelenggaraan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Morut Charles Natanael Toha. ANTARA/HO- MCDD Pemkab Morut

Kolonodale, Sulteng (ANTARA) - Sebanyak 45 kepala desa se-Kabupaten Morowali Utara (Morut) hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2022 akan dilantik dalam waktu dekat.

Para kades terpilih tersebut akan dilantik langsung oleh Bupati Morut Delis Julkarson Hehi secara berkelompok mulai Senin depan (29/8).

Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Penyelenggaraan Administrasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Morut Charles Natanael Toha mengemukakan, pihaknya sudah mempersiapkan segala keperluan terkait pelantikan kepala desa.

"Sudah siap. Pak bupati yang akan melantik mereka," jelas Charles saat dihubungi di Kantor PMD Morut, Jumat (26/8) sore.

Ia menjelaskan, awalnya ada enam desa yang sedikit ada masalah terkait hasil pemilihan. Namun lima desa sudah selesai masalahnya, sedangkan satu desa lainnya yakni Desa Pandauke, Kecamatan Mamosalato, diputuskan akan melakukan pemilihan ulang.

Jadwal pelantikan para kepala desa se Kabupaten Morowali Utara tersebut selengkapnya sebagai berikut:

Hari Senin (29/8/2022), bertempat di Gedung Serbaguna Beteleme, akan dilantik sembilan kades masing-masing Kecamatan Petasia (Kades Koromatantu), Kec. Petasia Timur (Kades Towara, Bimor Jaya dan Peboa), Kec. Petasia Barat (Kades Maralee), Kec. Lembo (Kades Kumpi), Kec. Lembo Raya (Kades Ronta), Kec. Soyojaya (Kades Lembah Sumara dan Sumara Jaya).

Selasa (30/8/2022), pelantikan bertempat di Desa Lembontonara, Kecamatan Mori Utara. Akan dilantik 13 kades masing-masing Kec. Mori Utara (Kades Tomata, Londi, Gontara, Saemba, Kasingoli), Kec. Mori Utara (Kades Era, Peleru, Mayumba, Tamonjengi, Tiwaa, Lembontonara, Wawondula dan Tabarano).

Rabu (7/9/2022), pelantikan bertempat di gedung serbaguna Kec. Bungku Utara. Akan dilantik 11 kades masing-masing Kades Posangke, Taronggo, Uewaju, Tirongan Atas, Siliti, Salubiro, Uemasi, Tambarobone, Woomparigi, Boba dan Kalombang.

Kamis (8/9/2022), pelantikan 9 kades di Kecamatan Mamosalato masing-masing Kades Pandauke, Kolo Atas, Momo, Tananagaya, Tanasumpu, Menyoe, Parangisi, Lijo, dan Uepakatu. Pelantikan disatukan di gedung serbaguna kecamatan.

Selanjutnya hari Rabu (2/11/2022), akan dilantik tiga kades yakni Kades Mondowe dan Sampalowo (Kec. Petasia Barat) dan Kades Bau, Kec. Soyojaya.

Menurut Charles, pengelompokan jadwal pelantikan para kepala desa tersebut disesuaikan dengan berakhirnya masa jabatan.